Home News Kemendagri Buat Terobosan dengan Program ADM

Kemendagri Buat Terobosan dengan Program ADM

369
0
Staf Khusus Mendagri Dr Kastorius Sinaga. Foto : Dok Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat berbagai terobosan, di antaranya dengan membuat program Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Program ini dilakukan untuk melayani masyarakat dalam penerbitan KTP-El, akte lahir, Kartu Keluarga dan dokumen catatan sipil lainnya secara cepat, mudah dan tidak berbelit2.

Hal ini dilakukan agar masyarakat terlayani dengan baik karena dokumen tersebut sangat dibutuhkan masyarakat luas untuk berbagai keperluan. “Lewat ADM ini anggota masyarakat yang data kependudukannya sudah terregistrasi tinggal “klik ADM” untuk mendapatkan KTP El. Ini salah satu bentuk penyederhanaan pelayanan sekaligus membebaskan masyarakat dari proses yang berbelit-belit, murah dan juga untuk menghilangkan praktik pungli dalam pengurusan akte dokumen catatan sipil bagi warga masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Staf Khusus Mendagri Dr Kastorius Sinaga dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Jumat (31/1/2020).

Menurut Kastorius Sinaga, Provinsi Jawa Timur adalah provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan perangkat ini. Sudah ada beberapa kabupaten di Jawa Timur yang telah menyediakan perangkat ini untuk melayani warga masyarakat, seperti Kabupaten Magetan.

“Kami harapkan provinsi lain menyusul Jawa Timur menerapkannya. Kami akan memfasilitas dan membantu. Dengan demikian aksi nyata pelayanan publik yang mudah, cepat dan bebas hambatan birokratis dapat semakin terwujud dan dirasakan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Mendagri Tito Karnavian seperti dikutip Kastorius Sinaga dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Jatim di Grandcity Ballroom, Surabaya, Jumat (31/1/2020).

Rapat yang diisi dengan acara peluncuran Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) oleh Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri itu diikuti oleh seluruh bupati/walikota dan komponen Forkopimda Provinsi Jawa Timur, selain dihadiri 1.500 peserta juga dihadiri Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here