Home News Kembangkan Semangat Kekeluargaan sebagai Warga Bangsa

Kembangkan Semangat Kekeluargaan sebagai Warga Bangsa

700
0
Para juara lomba foto bersama Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi dan istri pada Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ASN, TNI dan Polri Kabupaten Sleman di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman, Selasa (14/1/2020). Foto : Agustinus Suseno

BERNASNEWS.COM – Untuk menghadapi kemajemukan bahasa dan budaya lokal, kita diajak untuk membangun kebersamaan dengan sikap hormat menghormati serta saling menghargai. Perbedaan bukan untuk dihilangkan dan dibuat menjadi sama, namun perbedaan itu memberi warna dalam hidup, membuat hidup kita lebih indah dan pikiran lebih maju.

“Melalui silaturahmi, bersahabat, kita berarti mau menerima setiap orang apa adanya, tak peduli apa latar belakang keluarganya, agamanya, status sosialnya maupun Ekonominya. Salah satu yang sangat memerlukan sahabat adalah kaum lemah dan miskin,” tutur Drs H Sri Purnomo MSi, Bupati Sleman, dalam Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ASN, TNI dan Polri Kabupaten Sleman di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman, Selasa (14/1/2020).

Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ASN, TNI dan Polri Kabupaten Sleman di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman, Selasa (14/1/2020). Foto : Agustinus Suseno

Karena itu, menurut Bupati Sleman, dengan suasana Natal, marilah kita mengembangkan semangat kekeluargaan sebagai warga bangsa di Kabupaten Sleman dengan semangat bergotong-royong, saling bantu membantu menuju warga masyarakat yang semakin sejahtera.

Selain dihadiri Bupati Sleman beserta istri, perayaan Natal dan Tahun Baru juga dihadiri Wakil Bupati Sleman Hj Sri Muslimatun, para pejabat Pemkab Sleman, Ketua DPRD Sleman Aris Sugiharto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sleman serta para tamu undangan.

Sekitar 1.600 ASN, TNI, Polri dan guru Kristiani di Pemerintahan Kabupaten Sleman mengikuti Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman, Selasa (14/1/2020). Foto : Agustinus Suseno

Dalam perayaan Natal dan Tahun Baru dengan tema Natal 2019 “Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang” (Bdk. Yohanes 15:14-15), Romo Yuventius Deny Sulistiawan Pr yang memimpin perayaan dalam khotbahnya mengatakan bahwa kita semua bersahabat karena ada tiga alasan.

Pertama, karena kebutuhan. Kedua, karena ada perbedaan-perbedaan yang digunakan untuk membangun relasi persahabatan. Dan ketiga, supaya diselamatkan.

Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi (kanan) menyerahkan hadiah kepada salah satu juara lomba. Foto : Agustinus Suseno

Menurut Romo Deny, manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Oleh karena itu, ketiga unsur itu harus sehat, baik melalui pola makan sikap dan tingkah laku serta hidup mental spiritual.

“Persahabatan yang sehat, persahabatan yang baik dengan orang lain yang berbuah keselamatan harus dipenuhi dengan pribadi yang sehat, untuk mengupayakan persahabatan yang berbuah keselamatan kepada sesama,” tandas Romo Yuventius Deny Sulistiawan Pr.

Perayaan diawali dengan lagu-lagu pujian yang dinyanyikan Orang Muda Katolik (OMK) Gereja Paroki Santo Yosep, Medari, dilanjutkan dengan tari kreasi baru. Selanjutnya, CB Ismulyadi (Penyelenggara Bimas Katolik Kankemenag Kab Sleman) mengajak para hadirin untuk mengikuti doa pembuka.

Wakil Bupati Sleman Hj Sri Muslimatun (kanan) menyerahkan hadiah kepada salah satu juara lomba. Foto : Agustinus Suseno

Romo Yuventius Deny Sulistiawan Pr, Pendeta Heru Sumbodo (Ketua Badan Kerja Sama Gereja-Gereja Kristen Kab Sleman) dan Ketua Panitia Ir Edy Sri Harmanta menyalakan lilin.

Paduan suara Gereja Katolik St Alfonsus Nandan dan penampilan sendratari dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman tentang kelahiran Yesus Kristus menutup Perayaan Natal dan Tahun Baru yang dihadiri sekitar 1.600 aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan para guru Kristiani di Pemerintahan Kabupaten Sleman. (CB Ismulyadi, Penyelenggara Bimas Katolik Kankemenag Kab Sleman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here