Home News Kemantren Kraton Laksanakan Vaksinasi Massal Bagi Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama

Kemantren Kraton Laksanakan Vaksinasi Massal Bagi Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama

127
0
Seorang peserta vaksinasi massal dalam giat pelaksanaan vaksinasi massal bagi tokoh masyarakat dan tokoh agama, di Kemantren Kraton Yogyakarta, Minggu (20/6/2021). Foto: Kiriman Ningsih.

BERNASNEWS.COM — Puskesmas Kemantren Kraton dan Forkopim Kemantren Kraton menyelenggarakan Vaksin Massal Bagi Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama se-Kemantren Kraton Kota Yogyakarta, Minggu (20/6/2021), di Aula SMPN 16 Yogyakarta, Jalan Nagan Lor, Yogyakarta.

“Target peserta giat vaksin massal ini ialah 719 orang. Pelaksanaannya dibagi tiga sesi waktu, untuk jam pertama peserta dari Kelurahan Panembahan, kedua Kelurahan Kadipaten dan yang terakhir dari Kelurahan Patehan,” ungkap Kepala Kemantren Kraton Drs. S. Widodo Mujiatno, di tempat kegiatan.

Suasana pelaksanaan vaksinasi massal bagi tokoh masyarakat dan tokoh agama se-Kemantren Kraton, Minggu (20/6/2021), di Gedung Aula SMPN 16 Yogyakarta, Jalan Nagan Lor, Yogyakarta. (Foto: Kiriman Ningsih)

Dikatakan, bahwa program ini adalah bagian dari program percepatan vaksinasi nasional yang sebelumnya juga telah dilaksanakan di Aula Puskesmas Kraton. “Vaksinasi Covid-19 bagi usia 50-59 tahun warga Kemantren Kraton,” terang Widodo.

Dalam perkembangan warga yang terpapar Covid-19 akhir-akhir ini, pihaknya juga merasa prihatin karena secara signifikan wilayah Kemantren Kraton, khususnya wilayah Kelurahan Panembahan mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir ini.

“Sejak awal pandemi hingga kini tak henti-henti kami selalu ingatkan soal pentingnya protokol kesehatan kepada warga, baik langsung maupun melalui komunitas, pengurus RT dan RW. Monggo untuk ditingkat lagi dan posko-posko yang telah dibentuk lebih digiatkan,” ujar Widodo.

Kepala Kemantren Kraton Drs. S. Widodo Mujiatno saat memberikan pengarahan kepada warga peserta vaksinasi massal. (Foto: Kiriman Ningsih)

Ketika disinggung wacana Gubernur DIY Sultan HB X akan memberlakukan lockdown, Mantri Kraton yang humble ini menyatakan, bahwa prinsipnya siap melaksanakan berdasarkan kebijakan dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Juga tidak menampik saat ditanya terkait dengan wilayah Njeron Beteng Kraton Yogyakarta kini telah menjadi tujuan wisata.

“Untuk kegiatan wisata malam di Alun-alun Kidul (Alkid) selain pembatasan jam operasional, tadi malam kita coba untuk lakukan penyekatan. Bersyukur semalam hujan sehingga kegiatan berhenti sendiri,” jelas Widodo.

Sementara untuk pertumbuhan tempat-tempat kuliner kekinian semacam kafe, saat ini Kemantren Kraton telah lakukan inventarisasi dan pencermatan. Juga mengimbau kepada seluruh pelaku usaha dan warga pada umumnya untuk benar-benar melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. “Meskipun telah ikut vaksinasi Covid-19, jangan lupa tetap memakai masker dan lakukan prokes di manapun,” tutup Widodo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here