Home News Kemantren Kraton Giat Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Pengukuhan Pengurus POSSEKBER Relawan

Kemantren Kraton Giat Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Pengukuhan Pengurus POSSEKBER Relawan

515
0
Mantri Pamong Praja Kraton Drs. s. Widodo Mujiyatno (tengah) didampingi Kapolsek Kraton Kompol Isrowiyah dan Danramil 11 Kraton Kodim 0734 diwakili oleh Kapten Inf. Kusbandono membacakan surat pengukuhan Pengurus POSSEKBER Relawan Kemantren Kraton, dalam giat Apel Kesiapsiagaan Bencana, Minggu (21/3/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Sebagai relawan yang ada di wilayah Kemantren Kraton sebelum melaksanakan kegiatan harus sehat terlebih dahulu. Untuk menciptakan kesehatan pribadi tentunya banyak hal yang dilakukan, bagaimana bisa me-manage kegiatan dan nutrisi bagi relawan semua. Juga titip apabila ada hal yang berkaitan dengan kejadian di masyarakat selalu berkoordinasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Mantri Pamong Praja Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno  dalam giat Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Pengukuhan Pengurus Posko Sekretariat Bersama (POSSEKBER) Relawan se-Kemantren Kraton, Minggu (21/3/2021), di Kagungan dalem Alun-alun Kidul (Alkid), Kota Yogyakarta.

Suasana giat Apel Kesiapsiagaan Bencana Kemantren Kraton, Minggu (21/3/2021), di Alun-alun Kidul, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Panjenengan semua yang terlibat dalam POSSEKBER Relawan Kemantren Kraton dipercaya untuk melaksanakan kegiatan oleh masyarakat dan pemerintah kemantren. Pengurus dan relawan untuk bekerja sama peduli terhadap lingkungan terkait kebencanaan di Kemantren Kraton,” kata Widodo Mujiyatno.

Para relawan harus bisa memetakan potensi, lanjut Widodo, terkait mitigasi bencana, discluster maupun terkait dengan wilayah-wilayah terdampak bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial. “Untuk bekerja para relawan tidak sendirian, namun saya berharap masyarat Kemantren Kraton juga mendukung setiap kegiatan relawan. Untuk itu panjenengan harus pegang janji, kedisiplinan dan kejujuran,” pesannya.

Danramil 11 Kraton Kodim 0734 yang diwakili oleh Kapten Inf. Kusbandono berkesempatan mengibarkan bendera start pemberangkatan para relawan POSSEKBER Relawan Kemantren Kraton, yang akan melaksanakan tugas penyemprotan di seluruh wilayah Kemantren Kraton, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Dalam kegiatan itu dihadiri oleh perwakilan dari unsur BPBD DIY dan Kota Yogyakarta, Jajaran Forkompida Kemantren Kraton, Komunitas Relawan Kota Yogyakarta, Lurah dan Ketua Kampung se-Kecamatan Kraton, Pungurs RAPI dan ORARI Kota Yogyakarta, serta komunitas pelaku pariwisata dan budaya di Kemantren Kraton.

Sementara dalam acara pengukuhan POSSEKBER Relawan Kemantren Kraton, Widodo Mujiyatno selaku Mantri didampingi Kapolsek Kraton Kompol Isrowiyah dan Danramil 11 Kraton Kodim 0734 yang diwakili oleh Kapten Inf. Kusbandono, dengan membacakan janji pengukuhan untuk pengurus POSSEKBER diantaranya, Koordinator Umum: Nowo Edi Wijayanto, Wakil: Heru Purwanto, Sekretaris: 1. M. Joko Saputro, 2. Hermawan Putra, Bendahara: Wawan Darmawan.

Persiapan pelaksanaan penyemprotan oleh para relawan yang tergabung dalam POSSEKBER Relawan Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Minggu (21/3/2021), start dari Alkid Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Divisi Pencegahan: Adhi Nugraha, Antok, Divisi Kampanye: Pasca, Erwin Arya Ramadhan, Divisi Penanganan: Joko Waskito, Dwi Joko Setyawan. Koordinator Wilayah Kelurahan Panembahan: Erwin Arya Ramadhan, Koordinator Wilayah Kelurahan Patehan: Wahyudin, dan Koordinator Wilayah Kelurahan Kadipaten: Ari Suparto.

Sebagai penutup kegiatan tersebut, dilanjut dengan kegiatan penyemprotan disinfektan wilayah se-Kemantren Kraton oleh para relawan yang terbagi dalam POSSEKBER Relawan Kemantren Koordinator Wilayah Kelurahan Panembahan, Koordinator Wilayah Kelurahan Patehan dan Koordinator Wilayah Kelurahan Kadipaten, Kemantren Kraton, Yogyakarta. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here