Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKelurahan Kricak Launching Pasar Tiban ‘Seton Kepayon’

Kelurahan Kricak Launching Pasar Tiban ‘Seton Kepayon’

bernasnews.com — Kaum perempuan melalui PW2KSS menjadi ruh dalam penyelenggaraan Seton Kepayon. Semoga Seton Kepayon dapat menjadi motor dalam penanggulangan kemiskinan di Kricak. Demikian disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi pada acara launching Seton Kepayon, Sabtu (26/3/2022).

“Berharap pihak penyelenggara memberikan ruang lebih luas bagi warga yang masih berada di bawah garis kemiskinan untuk berpartisipasi dalam Seton Kepayon,” ungkap Heroe Poerwadi, seperti dikutip dari Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta.

Pasar Tiban bertajuk Seton Kepayon merupakan salah satu upaya Kelurahan Kricak, Kemantren Tegalrejo untuk membangkitkan kembali perekonomian warganya yang sempat terdampak pandemi Covid-19. Seton Kepayon digelar setiap hari Sabtu, di Halaman Kantor Kelurahan Kricak.

Lurah Kricak May Christianti Sudarmono dalam sambutan acara launching mengatakan, bahwa Seton Kepayon diharapkan dapat mendukung produk UMKM Kricak, yang sempat terkendala pandemi sehingga perekonomian warga bisa bergulir kembali.

“Seton Kepayon dapat menjadi ajang untuk memunculkan potensi-potensi UMKM yang ada di Kricak. Makin banyak UMKM yang terlibat sehingga produk yang dijual juga makin beragam,” ujar May.

Sementara itu, Ketua Pasar Tiban Seton Kepayon Siti Murbani menjelaskan, bahwa Seton Kepayon menjadi bagian dari Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), dengan dukungan dari pihak kelurahan, Forkom UMKM Tegalrejo, dan fasilitasi dari LPMK.

“Ide menyelenggarakan Pasar Tiban Seton Kepayon  sudah lama, namun belum ada motor penggeraknya. Gayung bersambut ketika Forkom UMKM memotivasi kita untuk segera merealisasikan ide ini. Alhamdulillah sejak dilaksanakan satu setengah bulan yang lalu, antusiasme masyarakat cukup tinggi sampai-sampai ada ungkapan ‘nek setu ora masak, mayoni tonggone wae’,” terang Siti.

Pelaku UMKM yang berjualan di Seton Kepayon, sebut saja Wulan, mengakui gelaran tersebut sangat membantu mereka dalam menjual dan mempromosikan produknya. “Dalam dua jam bisa langsung habis dengan omzet 200 ribu. Seton Kepayon ini sangat membantu perekonomian,” aku wanita yang menjajakan berbagai produk kuliner ini. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments