Home Pendidikan Keluarga Merupakan Sekolah Cinta Kasih

Keluarga Merupakan Sekolah Cinta Kasih

343
0
Buku Sekolah Cinta Kasih dan Karunia Kasih karya YB Margantoro. Penulisan buku keluarga iini dapat menjadi pendukung keberhasilan Gerakan Literasi Keluarga. Setiap insan dapat belajar sepanjang hayat di keluarga masing-masing. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Setiap insan manusia dapat terus mengembangkan diri dengan belajar melalui keluarga masing-masing, sekolah dan masyarakat. Pendidikan formal sekolah itu terbatas, namun pendidikan internal keluarga dan pendidikan nonformal di masyarakat tidak terbatas. Intinya, setiap insan dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat asalkan mau membuka diri dan reflektif.

“Pendidikan dan gerakan literasi keluarga dapat membantu setiap insan untuk dapat belajar secara mendalam di keluarga. Orangtua khususnya ibu adalah guru pertama dan utama setiap insan manusia. Literasi keluarga dapat melanggengkan hubungan antarkeluarga lintas generasi, selain melestarikan peradaban,” kata Praktisi Pers dan Literasi YB Margantoro ketika melakukan kunjungan media di kantor Bernasnews.com Yogyakarta, Jumat (27/11/2020).

Menandai sebuah momentum keluarga, YB Margantoro menunjukkan karya baru berupa buku berjudl Sekolah Cinta Kasih (ISBN : 978-623-95192-2-3) dan Karunia Kasih (ISBN : 978-623-95192-0-9).

“Keluarga itu pada dasarnya adalah sekolah cinta kasih. Kita memperoleh dan berbagi cinta dimulai dari keluarga. Banyak hal yang dapat kita tulis dari keluarga. Dapat karya non fiksi dan fiksi,” kata dia.

Menurut YB Margantoro, gerakan literasi keluarga dapat terus dilakukan dan memberikan makna bagi kehidupan dimulai dengan karya-karya sederhana oleh anggota keluarga. Misal anak dapat menulis karya fiksi berupa puisi, sedangkan orangtua menulis refleksi atau artikel sederhana. Dapat pula menulis memoar atau biografi sederhana.

“Buku-buku memoar atau biografi tidak harus berisi orang-orang terkenal, namun juga dapat orang-orang biasa. Orang-orang biasa itu, antara lain keluarga kebanyakan,” kata pegiat literasi itu. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here