Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKeluarga Katolik Diajak Teladani Keluarga Kudus

Keluarga Katolik Diajak Teladani Keluarga Kudus

bernasnews – 16 pasangan suami istri (pasutri) mengikuti Pembinaan Keluarga Katolik yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Mereka diajak untuk meneladani Keluarga Kudus dalam keluarga kecil mereka masing-masing.

“Keluarga menjadi basis pembinaan dan pendidikan iman dan karakter. Menyadari hal tersebut, kami dari Penyelenggara Katolik Kankemenag Kab. Sleman mengadakan kerjasama dengan para pasangan suami istri dari Gereja Paroki Santo Yohanes Rasul Somohitan. Semoga kegiatan ini menjadi asupan bersama, secara khusus dalam kerangka hidup berkeluarga,” ujar CB. Ismulyadi, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

Keluarga menjadi komunitas pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Pasalnya, anak lahir, bertumbuh dewasa, dan mengenal dunia lewat keluarga. Anak juga belajar untuk merealisasikan panggilan hidupnya sebagai manusia beriman kristiani.

“Tempat pendidikan untuk memperkaya kemanusiaan dengan segala dimensinya, sekaligus tempat bertemunya berbagai generasi untuk bersama-sama meraih kebijaksanaan (Gaudium et Spes 52) Mempunyai keterbatasan dan kekurangan, maka harus bekerjasama dengan komunitas pendidikan lainnya: masyarakat dan Gereja untuk membimbing anak-anak. Bantuan komunitas lain itu bersifat subsidiaritas, sekadar membantu, bukan mengambil alih tugas utama orang tua,” kata Romo Andrianus Sulistyono, MSF, Komisi Keluarga Kevikepan Jogja Timur.

Raden Paulus Edi Widiasta menyampaikan materi Parenting 4.0 – Apa Kata Kitab Suci tentang Parenting? (Foto: istimewa)

Raden Paulus Edi Widiasta mengajak para peserta mengolah materi “Super Parenthink 4.0” (Tinjauan Kitab Suci dan Praktik hidup sehari-hari). Selanjutnya Widiasta juga mengajak peserta untuk merenungkan keluarga-keluarga dalam Kitab Suci.

“Kita bertitik tolak dari semangat 5 roti 2 ikan. Keluarga yang diberkati Tuhan, dan membagikan berkat bagi banyak orang,” Kata Widiasta.

Valentina Dwita Febriani menyampaikan materi Parenting 4.0 – Tips Menjadi Orang Tua di Era Digital (Foto: istimewa)

Valentina Dwita Febriani menyampaikan materi tentang SUPER (Sepakat, Uang, Privasi, Edukasi, Role Model). Menurut Dwita, 5 point ini memudahkan orang tua melaksanakan pendampingan anak yang perlu dipraktikkan dalam hidup sehari-hari.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments