Home News Keluarga Besar PPM Markas Daerah DIY Gelar Syawalan

Keluarga Besar PPM Markas Daerah DIY Gelar Syawalan

253
0
Para peserta Syawalan dan Silaturahmi PPM DIY di RM Sambel Pawon, Bantul, 12/6/2021. Foto : kiriman Danang Probotanoyo

BERNASNEWS.COM – Keluarga besar Pemuda Panca Marga (PPM) Markas Daerah DIY menggelar acara syawalan yang pertama di masa pandemi Covid-19 di RM Sambel Pawon, Sewon, Bantul, Sabtu (12/6/2021). Syawalan sekaligus silaturahmi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat ini dihadiri osekitar 80 anggota dari 5 Markas Cabang (Macab) yang ada di DIY.

Acara berlangsung sangat sederhana namun khidmad karena dilakukan di tengah keterbatasan akibat pandemi. Sebagai organisasi dari keturunan para Veteran Republik Indonesia, suasana syawalan dan sikaturahmi sangat kental sekali dengan nuansa kebangsaan.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, disusul dengan lagu mars serta hymne PPM. Kemudian dilakukan sejumlah orasi kebangsaan oleh para mantan pimpinan PPM di DIY dan para senior PPM.

H Sugianto Saputra, selaku ketua panitia mengaku tidak menyangka antusiasme para anggota perwakilan 5 macab untuk menghadiri acara tersebut. Padahal mulanya acara tersebut akan dipending dulu mengingat masih pandemi. Namun kemudian niat itu diurungkan hanya beberapa hari sebelum pelaksanaan.

H Sugiyanto Saputro selaku Ketua Panitia Syawalan dan Silaturahmi PPM DIY sedang membuka acara. Foto : Danang Probotanoyo

Dengan semangat tinggi dan hanya melalui komunikasi whatshap, ternyata bisa melangsungkan syawalan dan silaturahmi yang sangat penting tersebut. H Haryadi selaku sesepuh PPM dan mantan Ketua PPM DIY menyatakan bahwa golden age PPM itu terjadi di masa kepemimpinannya yang terentang dari 1985-1998.

Pada masa itu para pimpinan PPM mendapat jatah kursi sebagai wakil rakyat di berbagai tingkatan dari jalur KBA (Keluarga Besar ABRI). Setelah era reformasi, pelan-pelan peran organisasi PPM dan semua organisasi KBA mulai surut dalam keikutsertaannya secara langsung mengambil keputusan politik negeri ini.

Sementara Widodo Amd selaku Ketua PPM DIY dalam orasinya lebih menyoroti lunturnya semangat nasionalisme di kalangan milenial. Banyak anak muda yang tidak lagi hafal lagu Indonesia Raya serta lima sila dalam Pancasila.

PPM sebagai organisasi anak pejuang yang melahirkan Republik Indonesia sangat prihatin atas kondisi ini. Untuk itu Widodo mengajak para anggota PPM untuk menumbuhkan semangat nasionalisme di lingkungan masing-masing terutama kepada generasi muda dan kaum milenial. “Program PPM ke depan akan lebih fokus ke hal-hal yang terkait itu,” imbuhnya.

H Agus Subagyo selaku Ketua PPM Macab Bantul yang juga sebagai tuan perhelatan ini banyak mengupas sisi semangat perjuangan. “Dulu bapak-bapak kita berjuang dengan segala keterbatasan, maka saat ini anak keturunannya juga tak perlu ragu untuk bisa memberikan yang terbaik untuk negara dengan segenap kemampuan masing-masing. Jangan mudah menyerah, Merdeka!” pekik Agus Subagyo menutup orasinya.

Menurut Danang Probotanoyo S.Si, Litbang PPM DIY, dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Senin (14/6/2021), mengatakan, acara tersebut diakhiri dengan keakraban melalui permainan organ tunggal oleh Edi Putranto, selaku Ketua PPM Macab Sleman.

Dari rangkaian acara Syawalan dan Silaturahmi PPM DIY tersebut menumbuhkan harapan baru agar PPM terus bergerak maju dalam menggelorakan lagi semangat nasionalisme dan nilai-nilai ’45 kepada segenap anak bangsa dengan menyesuaikan eranya. Hal ini sesuai semboyan PPM: Tan Hana Dharma Mangrwa (Tak Ada Pengabdian yang Mendua). (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here