Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKelompok Sadar Sampah Ringin Mas Bersemi Studi Banding ke KSS Sido Rukun...

Kelompok Sadar Sampah Ringin Mas Bersemi Studi Banding ke KSS Sido Rukun Huntap Jetis Sumur

bernasnews.com – Kelompok Sadar Sampah (KSS) Ringin Mas Bersemi Perumahan Citra Ringin Mas (CRM) melakukan studi banding pengelolaan sampah di Kelompok Sedekah Sampah (KSS) Sido Rukun Huntap (Hunian Tetap) Jetis Sumur, Dusun Glagah Malang, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Kamis 24 Maret 2022.

Studi banding diikuti 30 warga CRM, sebagian besar ibu-ibu dan dipimpin Ketua RT 09/RW 03 Perumahan CRM Suwardi tersebut dalam mengoptimalkan pengelolaan sampah rumah tangga demi menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan warga. Pemilihan KSS Sido Rukun sebagai tempat studi banding karena kelompok tersebut sudah berhasil mengelola sampah rumah tangga dengan baik.

Setelah mendengar paparan Sutarno dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman dan penjelasan Ketua KSS Sido Rukun Margiyanti, peserta studi banding berkeliling kompleks huntap melihat langsung bank sampah maupun penataan lingkungan yang asri dan lahan yang ditanami sayur mayur yang dikelola KWT (Kelompok Wanita Tani) Huntap Jetis Sumur.

Warga Perumahan Citra Ringin Mas (CRM) foto bersama usai melakukan studi banding pengelolaan sampah di Kelompok Sedekah Sampah (KSS) Sido Rukun Huntap (Hunian Tetap) Jetis Sumur, Dusun Glagah Malang, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Kamis 24 Maret 2022.

Menurut Margiyanti, KSS Sido Rukun berdiri berawal dari adanya masalah sampah di lingkungan perumahan yang belum bisa teratasi. Beberapa waktu kemudian, ada pembinaan dan pelatihan dari REKOMPAK yang berkaitan dengan pengolahan sampah.
Setelah adanya pembinaan dan pelatihan tersebut mereka kemudin memutuskan untuk membentuk KSS Sido Rukun agar bisa mengatasi masalah sampah yang ada di lingkungan huntap. Setelah pengurus terbentuk dan mempunyai anggota serta mendapatkan dukungan dari beberapa pihak, kemudian dibuatkan rumah sampah atau TPS oleh REKOMPAK, untuk mendukung kegiatan kelompok dalam pengolahan sampah.

Dikatakan, para pengurus KSS Sido Rukun mengelola sampah dilandasi niat, semangat dan keinginan yang kuat untuk memajukan pembangunan ekonomi kerakyatan melalui KSS Sido Rukun sehingga usaha mereka berjalan baik dan dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya kebersihan lingkungan huntap.

Ketua RT 09/RW 03 Perumahan Citra Ringin Mas (CRM) Suwardi menyampaikan sambutan pada acara studi banding pengelolaan sampah di Kelompok Sedekah Sampah (KSS) Sido Rukun Huntap (Hunian Tetap) Jetis Sumur, Dusun Glagah Malang, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Kamis 24 Maret 2022. Foto: Philipus Jehamun/bernasnews.com

Murgiyanti mengaku awalnya masyarakat belum sadar mengenai pentingnya mengelola sampah sehingga sampah dibuang begitu saja di sembarang tempat. Namun, dengan berbagai cara yang dilakukan pengurus KSS Sido Rukun, akhirnya semua warga sadar dan berpartisipasi aktif mengelola sampah.

“Awalnya pengurus yang mendatangi rumah warga untuk mengambil sampah, namun lama-lama warga sendiri yang mengantar sampah ke TPS. Saat ini, lingkungan kami bersih, asri dan bebas dari sampah,” kata Margiyanti.

Kini, lingkungan Huntap Jetis Sumur sangat asri, bersih, indah dan nyaman. Hampir tidak ada tanah kosong yang tidak ditanami, baik tanaman hias maupun sayur mayur. Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat tinggi.

Sutarno dari DLH Sleman (ketiga dari kanan) saat bersamawa warga Perumahan Citra Ringin Mas (CRM) berkeliling kompleks Huntap (Hunian Tetap) Jetis Sumur, Dusun Glagah Malang, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Kamis 24 Maret 2022. Foto: Philipus Jehamun/bernasnews.com

Sutarno, pegawai DLH Sleman, mengatakan, mengelola sampah harus dimulai dari rumah tangga karena setiap orang pasti menghasilkan sampah, sementara setiap orang pasti tidak mau ketempatan sampah. Karena itu, setiap orang wajib mengelola sampah dimulai dari sumbernya yakni rumah tangga.

Sementara Ketua RT 09/RW 03 Perum Citra Ringin Mas Suwardi mengatakan, studi banding dilakukan sebagai awal pembentukan kelompok pengelola sampah di perumahan guna menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments