Home Ekonomi Kegiatan UMKM Semakin Dipermudah dengan Adanya UU Cipta Kerja

Kegiatan UMKM Semakin Dipermudah dengan Adanya UU Cipta Kerja

79
0
Menteri Pedagangan Agus Suparmanto (tengah) dalam sebuah acara di Phoenix Hotel, Jumat (16/10/2020). Foto : Brigita Feva Nurreginan/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Undang-Undang Cipta Kerja yang disahkan oleh DPR RI pada 5 Oktober 2020 lalu rupanya membawa dampak tersendiri bagi sektor UMKM dalam hal perdagangan. Dalam kunjungannya di Yogyakarta, Menteri Pedagangan Agus Suparmanto menyebut bahwa UU Cipta Kerja saat ini membawa dampak baik bagi kegiatan UNKM.

Dalam kesempatan itu ia memaparkan bahwa UU Cipta Kerja menjanjikan pelaku UMKM dalam hal kemudahan kegiatan yang sebelumnya berbelit. Adapun kemudahan yang dimaksud Agus ialah terkait fasilitas dan legalitas pembiayaan usaha.

“Ini akan dipermudah. Bagaimana sektor UMKM melaksanakan kegiatannya. Ini sekarang hanya cukup mendaftar. Tidak ada tambahan-tambahan perizinan yang sangat rumit. Ini hasil daripada Undang-undang Cipta Kerja,” papar Agus dalam acara penandatanganan kerjasama UMKM di Phoenix Hotel, Jumat (16/10/2020).

Ia beranggapan bahwa Undang-undang Cipta kerja ini membawa ‘nuansa’ sejuk bagi pelaku UMKM yang hingga kini masih ditargetkan menyumbang 60 persen PDB. Selain itu, terkait dengan UMK, ia menilai bahwa dengan adanya UU tersebut tak menutp kemungkinan dari akomodasi lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Undang-undang Cipta Kerja ini membawa nuansa yang sejuk bagi para pelaku usaha khususnya UMKM. Karena UMK ditarget tetap 60 persen terhadap PDB dan mengakomodir 96 persen dari angkatan kerja dari 133 juta. Ini sangat penting sehingga memberikan peluang yang sangat luas,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here