Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeOpiniKegiatan Riset Pemasaran Sangat Perlu

Kegiatan Riset Pemasaran Sangat Perlu

bernasnews.com – Dalam dunia usaha, baik di bidang manufaktur atau di bidang jasa, kegiatan riset pemasaran mempunyai kaitan erat dengan sistem informasi. Sebagai contoh pada saat menghadapi pesta demokrasi tahun 2004, tahun 2009, tahun 2014 dan tahun 2019, dalam kampanye partai politik, politikus, calon presiden dan calon wakil presiden butuh menerapkan kiat-kiat penelitian perilaku masyarakat karena ia memerlukan dukungan dari masyarakat atau pemberi suara.

Suatu kegiatan riset (pengumpulan dan penganalisaan informasi) sangat berguna untuk membantu menajemen dalam mengambil keputusan dibidang pemasaran. Dengan demikian riset pemasaran  merupakan suatu proses yang sifatnya praktis. Konteks ini diperlukan manajemen untuk memudahkan pengambilan keputusan.

Kolter (2010) menegaskan bahwa riset pemasaran adalah disain, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan. Manfaat informasi pemasaran adalah untuk mengidentifikasikan sasaran konsumen,  perencanaan barang, penentuan harga, distribusi phisik, saluran distribusi, dan promosi.

Sedangkan ruang lingkup kegiatan riset pemasaran meliputi: pertama, riset pasar dan penjulan (mengukur potensi pasar,  menganalisa luas pasar yang dikuasai  beserta komposisinya, menyelidiki  karakteristik pasar, menaksir permintaan terhadap produk baru, menetapkan daerah penjulan, meneliti saluran distribusi).

Kedua, riset barang (meneliti produk pesaing, menyelidiki produk-produk yang ada, mengadakan evaluasi dan pengujian pasar terhadap produk baru,  meneliti disain dan karakteristikpembungkus serta product mix. Ketiga, riset ekonomi perusahaan (mengadakan prediksi jangka pendek dan  panjang, menyelidiki perkembangan perusahaan dan kebijakan harga, lokasi gudang, pabrik, ekspor dan kegiatan karyawan perusahaan serta kegiatan secara global.

Keempat, riset periklanan (penelitian terhadap motivasi dan media  advertensi, meneliti efektivitas advertensi, meneliti kegiatan periklanan dan praktek  penjualan pesaing. Kelima, riset lingkungan (menyelidiki dampak-dampak lingkungan, menyelidiki ebijaksanaan dan nilai-nilai sosial, menyelidiki batasan-batasan hukum terhadap periklanan dan promosi.

Beberapa kegiatan riset pemasaran yang sering dilakukan, antara lain penelitian karakteristik pasar, pengukuran potensi pasar, analisa market-share, dan analisa penjualan. Untuk melakukan riset pemasaran secara efektif, ada 5 (lima) langkah, yaitu pertama, mendifinisikan masalah dan sasaran riset. Kedua, mengembangkan rencana riset.

Ketiga, mengumpulkan informasi.Keempat,  menganalisis informasi dan kelima adalah menyajikan hasil temuan  lima langkah yang telah dilakukan tersebut perlu didukung dengan proses riset yang baik, yaitu dengan merumuskan masalah atau mengidentifikasi kesempatan, menentukan sumber-sumber ekonomi, mempersiapkan formulir pengumpulan data, menentukan sample, mengumpulkan informasi di lapangan, mengadakan, tabulasi dan analisa data, dan mempersiapan laporan penelitian. 

Dengan demikian, bila kegiatan riset pemasaran telah dilakukan dengan baik, maka akan membantu manajemen dalam pengambilan keputusan di kemudian hari, sehingga dampak adanya resiko bisnis dapat diminimalkan.  (Z Bambang Darmadi, Lektor Kepala/Dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta)

 

    

 

 

    

Penlu

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments