Home Pendidikan Kecerdasan Emosional Beri Dukungan Besar untuk Sukses

Kecerdasan Emosional Beri Dukungan Besar untuk Sukses

265
0
Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Dr Sri Sulastri, M.Pd memimpin rapat koordinasi ekstra kurikuler di sekolah setempat, Selasa (1/9/2020). Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM – Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Dr Sri Sulastri M.Pd mengemukakan, sekolahnya memberikan perhatian khusus dalam pembentukan kecerdasan emosional bagi para siswa selain kecerdasan kognitif. Hal ini karena kecerdasan emosional memberikan dukungan sekitar 80 persen kesuksesan seseorang, sedangkan 20 persen didukung oleh kecerdasan kognitif.

“Salah satu pintu masuk memiliki kecerdasan emosional bagi siswa adalah melalui ekstrakurikuler di sekolah. Oleh karena itu, sekolah kami sangat menekankan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler,” kata dia pada rapat koordinasi guru ekstra kurikuler SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 di sekolah setempat, Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta, Selasa (1/9/2020) siang.

Dalam rapat yang dihadiri Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan A Wuryanto Prihatmojo SPd, Waka Kurikulum Dra Istiana, Waka Humas Endah Nursinta SPd., para staf dan guru ekskul, Dr Sulastri berharap, para guru ekskul agar memberikan pembelajaran sebaik-baiknya agar siswa dapat menemukan bakat dan bekal penting dalam untuk masa depan.

Ekstrakurikuler merupakan salah satu indikator naik kelas atau tidaknya siswa. Bahkan pegang kunci kenaikan, karena kalau siswa sampai mendapat nilai B – (B minus), meski secara kognitif bagus, siswa tidak dapat naik kelas.

Oleh karena itu, para guru ekstrakurikuler agar menyiapkan program kerja, kontrak akademik bagi siswa dan nilai penentuan naik atau tidak. Siswa juga harus dipahamkan mengikuti ekstrakurikuler tertentu ini targetnya apa, goalnya apa dan apa yang dapat dimanfaatkan bagi pengembangan pribadi kelak kemudian hari.

Pengampu ekstrakurikuler jurnalistik YB Margantoro pada kesempatan ini mengusulkan dibuatkan penulisan masing-masing karya ekstrakurikuler di sekolah tersebut untuk dapat dimasukkan di Majalah Idola Boda (MIB), majalah internal SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Selain itu dapat juga jadi buku best practice guru ekstrakurikuler. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here