Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKebumen Culture Festival: Upaya Meningkatkan Pariwisata dan Kebudayaan di Kebumen

Kebumen Culture Festival: Upaya Meningkatkan Pariwisata dan Kebudayaan di Kebumen

bernasnews.com — Dinas Pariwisata  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kebumen menyelengarakan event  ‘Kebumen Culture Festival’. Kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan pariwisata dan kebudayaan yang ada di Kebumen baru kali ini diselenggarakan dan berharap di tahun berikutnya akan terus berlangsung secara berkesinambungan.

Babak penyisihan festival ini dibagi dalam 6 distrik di seluruh Kabupaten Kebumen, yang dimulai pada tanggal 6 Maret 2022, di Kecamatan Rowokele. Babak penyisihan yang kedua Distrik Karanganyar, meliputi Kecamatan Karanggayam, Adimulyo, Karanganyar dan Kecamatan Puring berlangsung, Minggu (20/3/2022), di Kecamatan Karanganyar.

Kepala Dinas, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kebumen Muhammad Arifin, ST, MSi saat menyampaikan pidato sambutan. (Foto: Istimewa)

Dalam babak penyisihan kedua ini, masing – masing peserta satu kecamatan minimal menampilkan 2 – 3 pertunjukan berupa tarian kreasi baru yang tetap bercirikhas budaya Kebumen, seperti menthiet atau jemblung, kuda lumping, cepetan dan lainnya.

Acara babak penyisihan yang berlangsung di Karanganyar tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kebumen Muhammad Arifin, ST, MSi, para Camat peserta festival. Juga disaksikan oleh para pengunjung serta para pejabat setempat.

Salah satu penampil dalam babak kedua ‘Kebumen Culture Festival’, Minggu (20/3/2022), di Distrik Karanganyar, Kabupaten Kebumen. (Foto: Isimewa)

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kebumen Muhammad Arifin, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ini merupakan salah satu program dari Pemerintah Kabupaten Kebumen yang ingin mengangkat pariwisata.

“Karena kebudayaan bisa mengangkat pariwisata juga sebaliknya. Penyelenggaraan festival ini yaitu salah satunya  untuk  nguri-uri kebudayaan Kebumen agar tidak hilang dan bisa memunculkan kembali budaya asli Kebumen,” papar Muhammad Arifin.

Selain itu, imbuh Muhammad Arifin, festival ini juga untuk mengenalkan tageline ‘Kebumen Manglingi’, yaitu Maen, Nyenengi,dan luwih Ngangeni. Sementara babak final akan diselenggarakan pada bulan Juni 2022,  berbarengan dengan penyelenggaraan Kebumen Internasional Expo, bertempat di Alun Alun-alun Kota Kebumem, Jawa Tengah. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments