Home News KBM Tatap Muka, Diisi Diklat Robotic

KBM Tatap Muka, Diisi Diklat Robotic

252
0
SMK N 3 Yogyakarta gelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM0 dengan Tatap Muka, Kamis (6/5/2021). Foto: Kiriman Maryuli D.

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa perihal otomasisasi di dunia industri, SMK N 3 Yogyakarta menyelenggarakan diklat selama 3 hari, Rabu, Kamis dan Jumat, tanggal 5-7 Mei 2021, di Bengkel Teknik Pemesinan. Kegiatan itu diikuti oleh 25 siwa dari 5 kompentensi keahlian.

Sebagai nara sumber Rico S, Bayu dan kawan-kawan, serta guru tamu dari sebuah perusahaan di bidang robotic. “Untuk hari ini berupa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan Tatap Muka yang diikuti oleh10 siswa kelas X, dibagi 2 setiap kelasnya,” terang Wakil Kepala SMK N 3 Yogyakarta Urusan Kurikulum, Maryuli Darmawan, Kamis (6/5/2021).

Siswa dibagi beberapa kelompok dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan Tatap Muka di SMKN 3 Yogyakarta. (Foto: Kiriman Maryuli D)

Dikatakan, siswa terbagi atas dasar nomor presensi ,nomor presensi 1-18 berada di laboratorium/ bengkel mengikuti mata pelajaran praktik kelompok C program keahlian. Sementara nomor presensi 19-36 di kelas mengikuti mata pelajaran kelompok A dan B.

“Yang lebih penting hari ini adalah penyelenggaraan diklat, dengan mempergunakan 8 unit (Miniplan Production System (MPS), yaitu penggerak pneumatic,” ungkap Maryuli.

Sejumlah peralatan untuk diklat robotic. (Foto: Kiriman Maryuli.D)

Selain itu, siswa juga dilatih melakukan pemrograman untuk dapat mengoperasikan MPS, yang terdiri dari 8 macam modular yang berbeda meliputi, Processing, Distributing, Testing, Buffer, Sparating, Sorting, Pick n place dan Assembly. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here