Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeKhasiat Minyak Kelapa Setara dengan Air Susu Ibu

Khasiat Minyak Kelapa Setara dengan Air Susu Ibu

BERNASNEWS.COM – Sejak lama nenek moyang bangsa Indonesia menggunakan minyak kelapa untuk berbagai macam keperluan. Namun, belakangan ini penggunaan minyak kelapa sudah sangat jarang dijumpai di kalangan masyarakat modern seiring dengan membanjirnya minyak konvensional yakni minyak kelapa sawit.

Padahal, minyak kelapa memiliki khasiat yang luar biasa dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Harga minyak kelapa memang sedikit lebih mahal dibanding minyak kelapa sawit, namun manfaat dan khasiat minyak kelapa untuk kesehatan jauh lebih baik bahkan setara dengan Air Susu Ibu (ASI).

“hKasiat minyak kelapa sangat luar biasa untuk kesehatan. Kemampuan anti virus dan anti bakteri serupa dengan kita minum air susu ibu. Itu hanya dalam minyak kelapa. Karena itu, kami mencoba mengangkat kembali produk tersebut, terutama dalam upaya untuk menjaga kesehatan masyarakat, bukan semata-mata berorientasi bisnis,” kata Surya Adi Nugraha, produsen minyak goreng kelapa Tropicoco kepada Bernasnews.com di tempat usahanya di Sleman, Jumat (18/10/2019).

Sejumlah alat pemurnian minyak goreng kelapa “Tropicoco” setelah melalui proses penyaringan, Jumat (18/10/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Menurut lulusan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) ini, usaha produksi minyak goreng kelapa yang dirintis sejak 4 tahun lalu itu bukan semata-mata berorientasi bisnis, tapi juga dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat dengan mengonsumsi minyak kelapa. Karena minyak kelapa mengandung beberapa macam senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain asam laurat yang memiliki kemampuan melawan infeksi virus, jamur dan bakteri. Selain itu, asam laurat juga memberikan nutrisi yang baik bagi pembuluh darah.

Kemudian, minyak kelapa juga mengandung asam kaprilat yang memiliki kemampuan melawan infekasi bakteri. Selain itu mengandung EPA (Eicosa Pentanoic Acid) dan DHA (Docosa Pentanoic Acid). EPA dan DHA adalah hasil transformasi dari asam linoleat di dalam tubuh.

“Minyak kelapa juga mengandung asam lemak rantai sedang dan pada saat penggorengan asam lemak rantai sedang ini tidak mudah berubah menjadi radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat menjadi faktor penyebab munculnya berbagai macam penyakit degeneratif, seperti jantung, stroke, diabetes, kanker, kolesterol dan lain-lain. Asam lemak rantai sedang ini tidak akan membebani kerja metabolisme tubuh karena mudah diserap oleh tubuh dan menjadi energi, tanpa adanya kenaikan kadar gula darah. Dengan demikian, minyak kelapa baik digunakan untuk diet sehat,” kata Sarjana Farmasi dari USD ini.

Alat pengolahan dan penyaringan bahan baku minyak kelapa mentah untuk menghilangkan lemak sebelum proses penyaringan, Jumat (18/10/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Menurut Surya Adi Nugraha, minyak goreng produksinya merupakan minyak goreng yang terbuat dari minyak kelapa asli, yang diformulasikan tanpa tambahan bahan pengawet, penambah aroma maupun bahan kimia lainnya yang berbahaya. “Tropicoco dihasilkan melalui beberapa tahap yang terjamin kualitasnya sehingga menghasilkan produk yang rendah kolesterol, jernih dengan aroma khas kelapa,” kata Surya Adi Nugraha. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments