Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKarnaval Budaya Cinta Pancasila, Wujud Implementasi 5 Sila Secara Nyata

Karnaval Budaya Cinta Pancasila, Wujud Implementasi 5 Sila Secara Nyata

bernasnews – Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni dan hari lahirnya Bung Karno 6 Juni, DPC PDI Perjuangan kota Yogyakarta menggelar sejumlah acara salah satunya Karnaval Budaya Cinta Pancasila.

Karnaval Budaya Cinta Pancasila ini digelar pada Minggu (05/06/2022) pagi, melewati Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di Tugu Jogja.

Semangat menggelorakan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan praktik penyelenggaraan pemerintahan tergolong penting untuk dilaksanakan. Karnaval Budaya ini menjadi bentuk kepedulian cinta tanah air terutama di kota Jogja.

Karnaval Budaya yang digelar di Yogyakarta, Minggu (5/6/2022). (Foto: MW Intandari)

“Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni penting diisi dengan praktek nyata dalam kehidupan berbangsa dan penyelenggaraan pemerintahan. DPC PDI Perjuangan gelar peringatan Bulan Bung Karno untuk menggelorakan Pancasila di tanah air,” kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta dalam sambutannya.

Masyarakat Jogja diajak untuk mengambil peran kecil dari sebuah gerakan yang besar agar bisa menanamkan dan mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam wujud nyata.

“Jogja adalah pelopor penegak Pancasila. Jogja adalah pelopor penegak Bhineka Tunggal Ika”, ujar Eko Suwanto

“Mari melawan segala pergerakan, melawan segala ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI”, tambahnya.

Ketua Panitia, Susanto Dwi Antoro mengatakan, Pawai Budaya Cinta Pancasila ini merepresentasikan bahwa PDI Perjuangan Kota Yogyakarta merupakan rumah besar dan sebagai wahana komunikasi bagi seluruh seniman, yang konvensional, kontemporer serta modern di Kota Yogyakarta.

Karnaval Budaya Cinta Pancasila juga dijadikan salah satu bentuk keberanian untuk memunculkan kembali seni dan budaya agar mampu bangkit serta berkembang usai pandemi yang melandai di kota Jogja.

Karnaval Budaya yang digelar di Yogyakarta, Minggu (5/6/2022). (Foto: MW Intandari)

“Acara pawai budaya cinta Pancasila meneguhkan seniman Kota Yogyakarta selalu Cinta dan mengamalkan Sila Sila Pancasila yang terkandung di teks Pancasila”, ujar Susanto Dwi Antoro.

Ia berharap pengamalan nilai nilai Pancasila ini benar benar dapat terlaksana secara nyata termasuk di kalangan seniman kota Yogyakarta.

“Harapan kami lima sila di Pancasila ini tidak hanya lipsing, tidak hanya sering diucapkan, tetapi ini juga menjadi bagian salah satu implementasi sila pertama sampai sila kelima. Sehingga dari seniman nanti juga akan membumikan Pancasila di Kota Yogyakarta”, ujar nya dalam wawancara.

Sebagai informasi, Karnaval Budaya Cinta Pancasila ini diikuti oleh 17 kelompok seni. Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai, bergodo, tarian dari kraton hingga pembacaan puisi sebagai penutup acara ini. (MW Intandari)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments