Home Pendidikan Karitas Expo 2020 Kembangkan Potensi, Raih Prestasi dan Siap Mengabdi

Karitas Expo 2020 Kembangkan Potensi, Raih Prestasi dan Siap Mengabdi

493
0
Marching band siswa-siswa SD Karitas Nandan, tampil dalam Karitas Expo 2020, di halaman sekolah setempat, Sabtu (29/2/2020). Foto: AG.Irawan

BERNASNEWS.COM – Guna lebih mengenalkan kepada masyarakat luas Yayasan Karya Bakti yang menaungi sekolah jenjang Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Karitas Nandan, yang berada di Pedukuhan Nandan, Desa Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, digelarr Karitas Expo 2020 bertajuk “Kembangkan Potensi, Raih Prestasi dan Siap Mengabdi”. Perhelatan tersebut berlangsung di halaman dalam sekolah setempat, Sabtu (29/2/2020) pagi.

Ide awal kegiatan tersebut muncul karena penglela bersama panitia ingin menyatukan kegiatan tutup tahun ajaran serta sebagai sarana sosialisasi kepada khalayak tentang keberadaan sekolah di Kabupaten Sleman dan DIY.

Sejumlah siswa asyik memilih bacaan di stand buku yang ikut meriahkan Karitas Expo 2020, Sabtu (29/2/2020). Foto: AG Irawan

Kepala SD Karitas Nandan yang juga Ketua Panitia Karitas Expo 2020 Bruder Albertus Susamto FC mengatakan perhelatan ini sebagai ungkapan syukur atas keberadaan sekolah yang sudah lama berdiri. Terhitung sejak tahun 1963, SD Karitas bediri dan memulai aktivitas belajar mengajar.

Kemudian SMP Karitas dibuka pada 1972 dan TK Karitas Nandan mulai dibuka 1984. “Kita bersyukur bahwa ketiga sekolah yang berdiri di satu kompleks tersebut hingga kini masih terus mampu berkontribusi bagi pengembangan dunia pendidikan,” kata dia.

Gelar potensi siswa-siswi lewat panggung hiburan, Sabtu (29/2/2020). Foto: AG Irawan.

Bruder Albert menambahkan bahwa anak-anak dianugerahi potensi serta bakat masing-masing oleh Tuhan. Maka sekolah berusaha mengembangkan yang telah dimiliki anak-anak tersebut lewat beragam dinamika dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Tentu sekolah tidak bisa bekerja sendiri, butuh kerja sama dengan orangtua wali murid, para pihak juga lingkungan sekitar.

Saat ini TK diampu oleh 4 guru, SD dengan 8 guru dan SMP diampu 10 guru. Di samping kegiatan reguler (KBM), sekolah juga memberikan kesempatan bagi para siswa untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler. Ada yang wajib diikuti yakni pramuka. Sedang pilihannya ada futsal, bola voli, karate, dansa, drumband, karawitan, keroncong, juga tari klasik dan modern.

Peresmian Lapangan Basket di halaman SD SMP Karitas Nandan oleh Ketua Yayasan Karya Bakti, Sabtu (29/2/2020). Foto: AG Irawan

“Karitas memiliki spirit ‘Deus Caritas Est’ yang artinya Allah adalah Kasih. Sehingga diharapkan anak-anak Karitas juga memiliki kasih, baik kepada dirinya, sesama, masyarakat dan lingkungan,” terang Bruder Albert.

Siswa kelas 5 Visko Valintino (10) mengaku senang dapat bersekolah di SD Karitas Nandan. Penghobi sepak bola ini dapat menyalurkan minatnya lewat ekstrakurikuler yang ada. Demikian halnya dengan siswa kelas 5 Artur Pedro Listyowarno (10). Ia bangga karena gurunya baik dan pelajarannya gampang.

Sejumlah alumni turut hadir memeriahkan acara Karitas Expo 2020 ini, sehingga ada kesan ajang reuni. Alumni SD Karitas Nandan tahun 1973 Yustina Sismin (60) menyatakan senang dengan perkembangan almamaternya. Ia menceritakan detail ruang-ruang kelas kala itu, yang kini kian baik, tertata dan mendukung untuk belajar.

Kepala SD Karitas Nandan sekaligus Ketua Panitia Karitas Expo 2020 Bruder Albertus Susamto FC. (Foto: AG Irawan)

Hal senada disampaikan alumni SD tahun 1986 Didik Indrianto (46). Ia mengaku bangga sebagai lulusan SD Karitas dan kini juga menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. “Kita semua sangat berharap alumni juga terus memupuk semangat kasih, di samping mengembangkan potensi yang dimiliki untu berperan di ruang publik. Kami juga berterimakasih kepada para sponsor, donatur dan para pihak atas kerjasama dan kepercayaanya selama ini, khususnya dalam Karitas Expo 2020,” kata Bruder Albert.

Dalam acara Karitas Expo 2020 ini juga ditampilkan sejumlah potensi siswa serta kegiatan ekstrakurikuler seperti drumband dan tari. Juga diadakan pengobatan gratis, donor darah serta penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Beragam lomba pun digelar diantaranya melukis kaos dan fashion show anak. Tak ketinggalan diramaikan dengan bazar dengan beragam produk sembako yang bisa dibeli warga sekitar sekolah dengan harga murah. (AG Irawan, Alumni SD Karitas 86)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here