Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKapanewon Gamping Gelar Pembinaan: Biaya Operasional dan Besaran Tunjangan BPKal

Kapanewon Gamping Gelar Pembinaan: Biaya Operasional dan Besaran Tunjangan BPKal

bernasnews.com – Dalam rangka memberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) para anggota Anggauta Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal), Kapanewon Gamping menyelenggarakan pembinaan bagi anggota BPKal yang dahulu disebut BPD, dari 5 Kalurahan se-Kapanewon Gamping, Senin (11/4/2022), di Aula Kantor Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman.

Kegiatan dengan tema ‘Biaya operasional dan Besaran Tunjangan Badan Permusyawaratan Kalurahan”, dihadiri dan dibuka langsung oleh Panewu Gamping Drs. Sarjono dan anggota BPKal dari 5 Kalurahan se-Kapanewon Gamping. Menghadirkan narasumber Sri Ningsih, S.IP dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya, Panewu Gamping Drs. Sarjono mengatakan, bahwa semua anggota BPKal wajib mengikuti pelatihan baik yang diadakan oleh Kabupaten maupun Kapanewon. Sarjono berharap semua anggota BPKal sebagai wakil atau penyalur aspirasi masyarakat di pemerintahan Kalurahan agar benar-benar bisa mengawasi kinerja kelurahan demi kepentingan masyarakat.

“Juga bisa mengupayakan pendapatan asli Kalurahan dapat lebih ditingkatkan untuk mensejahterakan warganya,” ungkap Sarjono, yang belum lama dilantik sebagai Panewu Gamping dan kali pertamanya bertemu dengan anggota BPKal se-Kapanewon Gamping.

Sementara selaku Nara Sumber, Sri Ningsih memaparkan perihal peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 110 tahun 2016 tentang BPD, Perda kabupaten Sleman no 3 tahun 2019 tentang BPD, Perbup Sleman nomor 22.1 tahun 2019 tentang biaya oprasional dan tunjangan BPD serta Perbup Sleman nomor 11.1 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Bupati Sleman nomor 22.1 tahun 2019 tentang biaya oprasional dn tunjangan BPD.

“Payung hukum itu terkait operasional dan tunjangan anggota BPKal, belanja oprasional dan komponennya, jenis tunjangan, ketentuan pemberian tunjangan kinerja, besaran tunjangan, termasuk penghitungan pencapaian target pelaksanaan tugas tambahan serta ketentuan peralihan,” kata Sri Ningsih.

Acara yang dikemas secara sederhana dalam suasana Ramadhan itu, diakhiri dengan tanya jawab oleh para peserta tentang beberapa hal yang masih dirasa perlu dari para anggota BPKal. (nuning)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments