Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKapanewon Gamping Gelar Germas Tema ‘Bebas Asap Rokok’

Kapanewon Gamping Gelar Germas Tema ‘Bebas Asap Rokok’

bernasnews.com — Gerakan anti merokok sudah disampaikan lama dan di mana mana tapi masih saja banyak perokok yang belum insaf. Berkenaan dengan hal tersebut, Puskesmas Gamping 1, Kapanewon Gamping dan Kalurahan  Balecatur, mengundang tokoh Masyarakat di Padukuhan Jatisawit untuk menerima sosislisasi tentang gerakan masyarakat Bebas Rokok.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi penyakit tidak menular yang berkembang di masyarakat, demi kesehatan kita semua,” terang Slamet, dalam sambutannya mewakili Kepala Puskesmas Gamping yang berhalangan hadir.

Acara kampaye Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), dengan tema ‘Penggerakan Masyarakat Sehat Bebas Asap Rokok’, berlangsung Rabu (18/5/22), di Resto  Joglo Resodinomo, Sleman. Dihadiri perwakilan dari Puskesmas Gamping 1, Kapanewon Gamping, Babinsa, lurah Balecatur, Bhabinkamtibmas, dan para tokoh masyarakat di Padukuhan Jatisawit. Acara ini juga diinisiasi seorang Anggota DPRD Kabupaten Sleman.

Kesra Kapanewon Gamping Wahyudi, S.ST, MM menyampaikan materi  tentang pola hidup sehat yang sekarang banyak orang tidak melaksanakannya. Menurutnya, kenapa orang jaman dulu sehat – sehat  tidak seperti jaman sekarang yang banyak penyakitnya, terutama penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, darah tinggi.

“Hal itu disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya aktivitas fisik, kurang makan sayur dan buah. Juga minum alkohol, merokok dan BAB sembarangan,” tegas Wahyudi.

Dikatakan, hal itu bisa diantisipasi dengan melakukan banyak gerakan fisik, konsumsi buah dan sayur. “Periksa kesehatan secara rutin, tidak merokok, menjaga kebersihan lingkungan serta BAB di jamban,” pungkas Wahyudi.

Dr. Heni Trisnowati, S. Km, M.Ph Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta saat menyampaikan paparannya. (Nuning Harginingsih/ bernasnews.com)

Sebagai nara sumber kedua, Dr. Heni Trisnowati, S. Km, M.Ph Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta memaparkan, tentang bahaya rokok terutama asapnya pada kesehatan tubuh utamanya paru – paru.

“Asap rokok bisa menyebabkan kecanduan karena yang masuk ke paru paru kita adalah nikotin dan akan merusak paru-paru,” terang Heni.

Dikatakan, merokok itu antara kebiasan dan kecanduan, khususnya bagi laki laki walaupun kadang perempuan dan anak – anak itu juga ada. Kasus merokok pada anak meningkat disebabkan karena pertama anak melihat di sekitarnya.

“Juga adanya iklan rokok yang menggunakan bahasa yang menarik sehingga menimbulkan rasa ingin mencobanya,” tandas Heni.

Hal senada juga disampaikan oleh Lurah Balecatur Andri Septiyanto dalam sambutan penutupnya  mengimbau warganya agar berperilaku hidup sehat dengan tidak merokok. Pesan dia, kalau yang belum atau tidak merokok tidak usah merokok.

 “Tapi kalau yang sudah merokok diusahan berhenti merokok, karena dengan merokok kerugian yang ditimbulkan baik secara ekonomi kesehatan dan lainnya,” kata Andri. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments