Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKapanewon Depok Ajak Warga Peduli Sungai

Kapanewon Depok Ajak Warga Peduli Sungai

BERNASNEWS.COM – Guna meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat yang bermukim di bantaran sungai dalam merawat lingkungan dan sumber air, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman mengadakan pertemuan masyarakat pinggir sungai dengan tajuk “Pembinaan Masyarakat Bantaran Sungai Kapanewon Depok 2022”, Senin (17/1/2022).

Acara yang digelar di ruang pertemuan Kapanewon Depok tersebut mengundang sejumlah tokoh masyarakat, perangkat padukuhan dan warga bertempat tinggal di bantaran sungai Pelang, Buntung, Ngasem, Kluwih, Weru, Nayan, Tambakbayan, Code dan Gajahwong.

Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok Isti Fajaroh SP mengatakan, sejumlah warga masyarakat yang masuk wilayah Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman banyak yang tinggal dan bermukim di bantaran sungai. Maka perlu terus kita ajak terlibat aktif sekaligus berperan serta dalam menjaga dan merawat kelestarian lingkungan sungai.

“Misalnya mulai dari utara ada Padukuhan Joho yang dialiri Sungai Pelang. Kemudian ke selatan bersatu dengan Sungai Gajahwong yang melewati Padukuhan Mrican dan berakhir di Padukuhan Pringwulung. Aliran sungai tersebut melalui permukiman padat penduduk. Maka, kita perlu saling bertemu sesama warga bantaran sungai untuk melakukan gerakan bersama merawat sungai,” terang Isti.

Isti menambahkan, ada salah satu padukuhan, misalnya Padukuhan Blimbingsari yang juga dialiri Sungai Code. Ini membutuhkan koordinasi khusus karena sebelah barat sungai sudah masuk wilayah Kota Yogyakarta. “Padukuhan Blimbingsari punya potensi sungai Code yang dikembangkan untuk wahana wisata. Kita terus ajak masyarakat untuk peduli sungai dengan membentuk komunitas sungai,” ungkapnya.

Kasie Pengendalian Pencemaran dan Pemulihan Lingkungan DLH Sleman Sasikirana, ST, M.Sc (kiri) dan Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok Isti Fajaroh, SP (kanan) memberikan materi peran masyarakat dalam melestarikan lingkungan sungai, di ruang pertemuan Kapanewon Depok, Senin (17/1/2022). Foto: AG Irawan

Sementara Kasie Pengendalian Pencemaran dan Pemulihan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman Sasikirana Dian Ekowati, ST, M.Sc mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam memelihara kelestarian sungai. Terutama membersihkan sungai dari sampah. “Bantaran sungai merupakan kawasan yang rawan beragam pemanfaatan. Tak jarang justru jadi tempat sampah raksasa,” kata dia.

Sasikirana juga mengajak warga yang tinggal di pinggir sungai untuk kian peduli dengan sungainya. Salah satunya dengan membentuk komunitas sungai setempat. Lewat komunitas sungai tersebut, bisa saling bersama-sama dan bersinergi dengan warga lain merawat sungai.

Tahun 2022 ini DLH Sleman bermitra dengan Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) akan melakukan kegiatan kerjabakti bersih sungai di 30 titik sungai yang sudah ada komunitas sungainya. Juga akan melakukan identifikasi sumber pencemar dari hulu hingga hilir wilayah Sleman di tiga sungai, yakni Sungai Winongo, Boyong dan Kuning. (AG Irawan)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments