Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKantor Kemenag Sleman Kumpulkan Aspirasi dari Dewan Paroki Gereja Katolik

Kantor Kemenag Sleman Kumpulkan Aspirasi dari Dewan Paroki Gereja Katolik

bernasnews – Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman untuk pertama kalinya menggelar pertemuan bersama pengurus dewan paroki Gereja se-Sleman. Pertemuan ini menjadi upaya untuk menampung aspirasi dari para pengurus Gereja Katolik.

“Terlaksananya kegiatan ini berawal dari aspirasi beberapa anggota Dewan Paroki untuk mengadakan pertemuan. Selain tentu saja belum pernah ada pertemuan antara Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman dengan pengurus Dewan Paroki Gereja-Gereja Katolik se Kabupaten Sleman,” tutur CB. Ismulyadi, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, dalam pertemuan yang digelar di Gereja Keluarga Kudus Banteng pada Kamis (21/4/2022) itu.

Ia mengungkapkan bahwa setelah digelar pertemuan ini, diharapkan akan ada forum dialog yang akan menjadi wadah tukar informasi soal kebijakan Pemkab Sleman. Tak hanya itu, forum itu juga akan digunakan untuk menanggapi isu sosial masyarakat dan menjadi dialog lintas iman.

Pertemuan bersama Penyelenggara Katolik Kantor Kemenag Sleman bersama Dewan Paroki Gereja Se-Sleman di Gereja Keluarga Kudus Banteng, Kamis (21/4/2022). (Foto: istimewa)

“Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Bimas Katolik telah menggagas arah kebijakan, yakni Moderasi Beragama, Tahun Toleransi, dan Transformasi Digital,” katanya.

Sejumlah pengurus dewan paroki Gereja di Sleman menyampaikan aspirasinya dalam pertemuan tersebut. Terutama, ini menjadi pertemuan perdana yang dilakukan oleh Kantor Kemenag Sleman.

“Pertemuan ini meneguhkan kemitraan dan menjaga sinergisitas antara Gereja Katolik dengan Kementerian Agama, terutama Penyelenggara Katolik. Dengan demikian, secara bersama dapat saling memberi dan menerima informasi yang mendukung karya pelayanan,” kata Romo Jonathan Billie Cahyo Adi, Pr, selaku Pastor Paroki Santo Alfonsus Nandan.

Di tengah pandemi corona, pertemuan ini tentu membuat para pengurus bisa bertukar pikiran untuk menyikapi kondisi yang terjadi saat ini. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan satu Gereja dengan yang lain memberikan inspirasi dan ide untuk bisa dicontoh oleh Gereja yang belum melakukannya.

“Salut atas transparansi manajemen yang disampaikan pihak penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman sehingga kita semua dari paroki sebagai mitra kerja Penyelenggara Katolik dapat mengetahui gerak langkah kinerja,” kesan FX. Suharmaji, Anggota Dewan Paroki Gereja Tyas Dalem Gusti Yesus, Macanan.

Harapannya, forum ini bisa menjadi wadah sarana komunikasi Gereja, Pemerintah, dan masyarakat. Sehingga Gereja Katolik di Sleman khususnya bisa bersinergi untuk berikan pelayanan.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments