Home News Kampung Suryoputran Lakukan Semprotan Desinfektan Secara Mandiri

Kampung Suryoputran Lakukan Semprotan Desinfektan Secara Mandiri

287
0
Pengurus Kampung Suryoputran melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri, Rabu (25/3/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Sebagai upaya pencegahan wabah Corona Virus Desase 2019 (Covid-19) atau yang lebih dikenal sebagai virus Corona, Ketua Kampung (RK) Suryoputran, H. Bandrio Utomo, SE dengan dibantu oleh Pengurus RT dan RW 08, 09, 10 Suryoputran beserta warga, melaksanakan penyemprotan desinfektan, Rabu (25/3/2020), di lingkungan Kampung Suryoputran, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Kapolsek Kraton Kompol Isrowiyah sedang memberikan sambutan berkenaan kegiata penyemprotan dalam rangka pencegahn wabah Corona. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Kegiatan ini sebagai bentuk menindaklanjuti Surat Edaran Walikota Kota Yogyakarta dan hasil rapat koordinasi bersama Perangkat Kampung dan Pengurus Tri RW Suryoputran sebelumnya. Kegiatan penyemprotan desinfektan secara mandiri juga dihadiri oleh Kapolsek Kraton Kompol Isrowiyah beserta jajarannya.

Ketua Kampung (RK) Suryoputran H. Bandiro Utomo, SE sedang melakukan pengecekan alat semprot yang akan digunakan warga yang bertugas. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Ketua Kampung (RK) Suryoputran H. Bandrio Utomo didampingi oleh Amtono selaku Staf Konsultan dan Praktisi Kebencanaan, mengimbau kepada pengurus perangkat kampung dan warga yang telah ditunjuk sebagai petugas penyemprot dapat melaksanakan dengan penuh keikhlasan.

“Kegiatan ini adalah bentuk gotong royong dan kebersamaan warga, selain sebagai pencegahan wabah Corona, gerakan ini juga dapat membantu menentramkan psikis warga. Kegiatan ini berkelanjutan setiap hari Minggu hingga kondisi dinyatakan normal kembali,” ujar Bandrio.

Dua sisi pinggiran Jalan Pesindenan, RW 08 Suryoputran sedang dilakukan penyemprotan desinfektan untuk antisipasi wabah Corona. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sementara itu dalam sambutan singkatnya,Kapolsek Kraton Kompol Isrowiyah berpesan kepada Pengurus Kampung, RW/ RT di Suryoputran dan warga yang hadir, agar mengimbau dan selalu mengingatkan warganya untuk tetap berada di rumah saja apabila tidak mempunyai kepentingan mendesak.

Petugas penyemprotan sedang melaksanakan tugasnya menyemprot bagian rumah warga yang sering menjadi kegiatan berkumpul. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Sesuai dengan Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19), diantaranya tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak. Tetap tenang dan tidak panik. Jaga kesehatan sesuai dengan prosedur dan arahan pemerintah,” tegas Kompol Isrowiyah.

Warga yang menjadi petugas penyemprot desinfektan sedang melaksanakan penyemprotan di rumah warga yang berada di pinggir Jalan Suryoputran, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Selanjutnya belasan petugas penyemprot desinfektan yang didampingi petugas pembawa cadangan zat desinfektan terbagi tiga kelompok berdasar wilayah RW 08, 09, dan 10 Suryoputran melakukan tugas penyemprotan keliling wilayah kampung, dengan diutamakan tempat-tempat umum, serta pagar dan bagian depan rumah milik warga.

Camat Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno (kiri) sedang bincang-bincang dengan warga Kampung Suryoputran ketika melakukan peninjauan kegiatan penyemprotan desinfektan cegah Corona. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Ketika melakukan peninjauan penyemprotan di wilayah RW 08 Suryoputran, Camat Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno juga berpesan, warga yang pada waktu dekat ini atau setidaknya sampai bulan Juni 2020 mempunyai rencana menikahkan anak sebaiknya cukup ijab kabul saja di Kantor KUA.

“Pernikahan itu yang sakral adalah ijab kabulnya. Jadi nggak perlu repot lakukan saja di KUA, karena prosedur kesehatan terkait Corona sudah disiapkan sesuai SOP dari Dinas Kesehatan. Soal perayaan atau penghargyaan pernikahan bisa diselenggarkan dikemudian hari bilamana situasi dan kondisi telah normal kembali,” pesannya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here