Home Pariwisata Kampung Pengok Dideklarasikan jadi Kampung Wisata Sepur

Kampung Pengok Dideklarasikan jadi Kampung Wisata Sepur

659
0
Lurah Demangan Sunu Sari Husada S.IP (memukul gong) disaksikan Antonius Fokki Ardiyanto SIP, Anggota DPRD Kota Yogyakarta dan Ketua Keluarga Besar Marhaenis KBM Kota Yogyakarta dan Tim Pokmas mengukuhkan Kampung Pengok Kampung Wisata Sepur di Lapangan Bulu Tangkis RT 33 RW 9 Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Selasa (18/2/2020). Foto : Istimewa.

BERNASNEWS.COM – Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Antonius Fokki Ardiyanto S.IP bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menginisiasi untuk mendeklarasikan Kampung Pengok sebagai Kampung Wisata Sepur di Lapangan Pengok RT 33 RW 9 Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Selasa (18/2/2020). Kegiatan sebagai rangkaian masa reses pada 16 Februari 2020 ini dilakukan untuk mendukung tematik Kampung Pengok sebagai kampung sehat sejahtera.

Fokki-sapaan Antonius Fokki Ardiyanto-dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Selasa (18/2/2020) mengatakan, deklarasi dilakukan dengan peresmian kepengurusan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kampung Pengok Kampung Wisata Sepur yang diketuai Paulus Martoyo.

Pentas budaya yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dengan menampilkan kesenian tradisional jatilan oleh kelompok Wadyo Bolo Singo Barong disaksikan oleh ratusan warga Pengok Kota Yogyakarta dalam acara pengukuhan Kampung Pengok sebagai Kampung Wisata Sepur, Selasa (18/2/2020). Foto : Istimewa

Persemian Kampung Pengok sebagai Kampung Wisata Sepur ini dilakukan oleh Lurah Demangan, Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta Sunu Sari Husada S.IP. Dalam sambutannya, Sunu Sari Husada mengatakan bahwa Pokmas ini harus bekerja keras untuk mewujudkan tujuan utama yaitu mensejahterakan rakyat Pengok dengan konsep wisata sepur dengan melakukan komunikasi dengan Kepala Bengkel Balai Yasa Daop VI. Dan Babinsa Demangan Koramil Gondokusuman juga akan membantu dalam proses komunikasi.

Sedangkan Antonius Fokki Ardiyanto S.IP sebagai Anggota DPRD Komisi B DPRD Kota Yogyakarta yang juga didapuk sebagai Pembina Pokmas Kampung Pengok Kampung Wisata Sepur menyampaikan bahwa ada 3 alasan sehingga terbentuk Pokmas ini.

Pertama, untuk mengimplementasikan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat ketika reses terdahulu pada Desember 2019 dimana masyarakat Kampung Pengok melihat sejarah dan potensi Kampung Pengok yang merupakan bengkel kereta api satu-satunya yang ada di DIY bahkan di Jawa Bagian Selatan, ingin maju dan dikenal serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga Ketua Keluarga Besar Marhaenis KBM Kota Yogyakarta dan Tim Pokmas memberikan sambutan pada acara Pengukuhan Kampung Pengok Kampung Wisata Sepur di Lapangan Bulu Tangkis RT 33 RW 9 Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Selasa (18/2/2020). Foto : Istimewa.

Kedua, mendukung tematik dari Pemerintah Kota Yogyakarta, dimana sektor pariwisata adalah titik ungkit untuk menggerakkan roda perekonomian warga masyarakat yang bertujuan kesejahteraan rakyat dengan menciptakan/ membuat destinasi wisata baru secara kreatif.

Ketiga, menurut Fokki, karena alasan subyektif karena sejak kecil sampai remaja ia tinggal di wilayah Pengok tepatnya Blok C 12 sehingga mempunyai kewajiban moral untuk membangun dan mensejahterakan warga Kampung Pengok.

Pengukuhan kepengurusan Pokmas Kampung Pengok Kampung Wisata Sepur itu, dikemas dalam acara pentas budaya yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dengan menampilkan kesenian tradisional jatilan oleh kelompok Wadyo Bolo Singo Barong disaksikan oleh ratusan warga Pengok Kota Yogyakarta.

Fokki yang juga Ketua Keluarga Besar Marhaenis Kota Yogyakarta mengatakan bahwa acara pengukuhan yang dikemas dalam bentuk budaya dimaksudkan untuk mengimplementasikan apa yang disampaikan oleh Bapak Bangsa Bung Karno yaitu berkepribadian dalam kebudayaan sehingga anak-anak Kampung Pengok memahami bahwa kita punya budaya yang luar biasa dan bangga akan budaya pertunjukkan kita sendiri.

Dalam acara tersebut terbukti dapat membantu menambah pendapatan keluarga dimana warga masyarakat membuka warung-warung tiban di rumahnya di sekitar lokasi acara dan dagangannya laris. Mereka pun sangat berharap supaya Pokmas Kampung Pengok Kampung Wisata Sepur segera bergerak untuk kesejahteraan rakyat. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here