Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeKamis Putih Merayakan Apa? Ini Maknanya Bagi Umat Katolik

Kamis Putih Merayakan Apa? Ini Maknanya Bagi Umat Katolik

bernasnews.com – Kamis Putih menjadi salah satu hari yang penting yang diperingati oleh umat Katolik.

Apakah perayaan Kamis Putih itu? Bagaimana maknanya bagi umat Katolik? Simak dalam pembahasan berikut ini.

Kamis Putih merupakan salah satu rangkaian pekan suci bagi umat Katolik. Momen ini merupakan saat untuk peringatan atau mengenang perjamuan malam terakhir Yesus dengan kedua belas murid-Nya, sebelum Ia ditangkap dan disalibkan.

Pada periamuan terakhir, Tuhan Yesus memberikan pesan teladan yang harus dilanjutkan oleh para murid, yaitu saling melayani satu sama lain.

Kamis Putih atau yang kerap disebut juga sebagai Maundy Thursday atau Holy Thursday dalam bahasa Inggris kerap disimbolkan dengan warna putih. Adapun warna liturgi yang digunakan pada Kamis Putih adalah warna putih.

Peringatan Kamis Putih biasanya ditandai dengan pembasuhan kaki sejunlah umat oleh pastor atau romo. Hal ini dilakukan sebagai peringatan Yesus yang mencuci kaki para muridnya dalam perjamuan terakhir.

Peristiwa tersebut merupakan keteladanan Yesus yang dimaknai pengikutnya sebagai “pelayan” dan sebagai pelayanan Yesus di dunia sebelum kematian-Nya. Setelah prosesi pencucian kaki umat, kemudian dilanjutkan adorasi sekaligus berdoa.

Dengan mengenang peristiwa ini, umat Katolik diingatkan kembali akan dua perintah utama yang dibingkai secara liturgis dalam perayaan Kamis Putih. Perintah yang pertama adalah untuk merayakan Ekaristi. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments