Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKADIN DIY Siap Bertransformasi ke Dunia Digital

KADIN DIY Siap Bertransformasi ke Dunia Digital

bernasnews – Kemajuan teknologi menjadi hal yang berlangsung pesat saat ini. Pandemi corona seolah membuat perkembangan teknologi dipercepat dari sebelumnya. Berbagai pihak didorong untuk siap menghadapi era tersebut.

Melihat hal itu, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DIY sebut siap bertransformasi ke dunia digital. Berbagai platform disiapkan untuk memperlancar upaya KADIN DIY bertransformasi ke dunia digital.

“Judul dan sosialisasi (tentang digitalisasi dan tata kelola) kali ini merupakan hal yang strategis untuk sekarang ini,” ujar Ketua Dewan Pertimbangan KADIN DIY, Syahbenol Hasibuan, dalam Workshop Transformasi Pengembangan Media Informasi dan Sosialisasi Tata Kelola KADIN DIY, di Bank BPD DIY, Sabtu (9/4/2022).

Ia menyebutkan, menurut para ahli, perubahan yang langgeng adalah perubahan yang berkepentingan. Saat ini perubahan menuju hal-hal berbau digital menjadi hal yang penting untuk berbagai pihak.

Di samping itu, transformasi digital juga menjadi salah satu program strategis KADIN DIY. Transformasi ini tak hanya perubahan dari sistem manual ke digital. Tetapi juga bagaimana teknologi digital diimplementasikan di organisasi.

“KADIN DIY perlu dorongan, karena dalam hal digitalisasi ini terkendala oleh usia. Tapi kita sepakat bahwa usia bukan kendala untuk masuk ke dunia digital,” tuturnya.

Salah satu hal yang disiapkan adalah dimanfaatkannya media sosial sebagai media penyebaran informasi pada masyarakat. Tak hanya itu, KADIN DIY juga siap berkolaborasi dengan media massa untuk memberikan informasi terkini dari dunia perdagangan dan perindustrian.

“Dulu itu kan ada newspaper, sekarang sudah berbeda” ujar Kiki Rizki, Direktur Program dan Digitalisasi KADIN Indonesia.

Kiki menyebutkan, saat ini KADIN Indonesia sedang mempersiapkan aplikasi bernama KADIN CIPTA. Aplikasi ini akan dirilis secara eksklusif bagi anggota KADIN. Aplikasi ini kelak akan terhubung dengan OSS untuk mempermudah anggota memanfaatkan aplikasi tersebut. Ini menjadi salah satu upaya KADIN untuk bertransformasi ke dunia digital.

Digitalisasi membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat dan dampak selanjutnya, teknologi membuat sistem dapat terintegrasi di semua kantor atau organisasi. Dalam hal ini tentu saja KADIN DIY membutuhkan bentuk penguatan dan komunikasi antar bidang agar dapat meningkatkan produktivitas kinerja organisasi.

“Kita harus reform terhadap kesekretariatan,” ujar Robby Kusumaharta, WKU Bidang Organisasi dan Keanggotaan KADIN DIY.

Ketua Umum KADIN DIY, GKR Mangkubumi, mendorong para anggota untuk lakukan transformasi digital. Selain itu, menurutnya kegiatan ini menjadi salah satu wadah bertemunya KADIN Indonesia dengan KADIN di daerah.

“KADIN Indonesia bisa menjadi fasilitator bagi KADIN DIY dan daerah lain. Sesuai dengan visi misinya yaitu tumbuh bersama,” ujarnya.

Sebelumnya, KADIN DIY menggelar Workshop Transformasi Pengembangan Media Informasi dan Sosialisasi Tata Kelola KADIN DIY, di Bank BPD DIY. Sebanyak 4 narasumber dihadirkan dalam workshop tersebut yaitu Kiki Rizki, Direktur Program & Digitalisasi KADIN Indonesia; Jacky Latupeirissa, WKU KADIN DIY Bidang Humas & Informasi KADIN DIY; Tata Wahyudin, Direktur Bidang Organisasi Kadin Indonesia; dan Robby Kusumaharta, WKU KADIN DIY Bidang Organisasi & Keanggotaan.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments