Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsKabupaten Sleman Berupaya Dukung Tumbuhnya Petani Milenial

Kabupaten Sleman Berupaya Dukung Tumbuhnya Petani Milenial

bernasnews.com – Pemerintah Kabupaten Sleman berupaya untuk mendorong kualitas petani termasuk di dalamnya petani milenial. Berdasarkan data, saat ini jumlah petani milenial di Kabupaten Sleman mencapai 540.

Melalui young ambasador YESS program kementrian pertanian, petani milenial atau petani muda itu didorong bisa berkontribusi bagi sektor pertanian khususnya di Kabupaten Sleman.

“Adanya pelatihan teknologi pengolahan, manajemen keuangan, program magang bersertifikat, marketing dan ada nominasi penghargaan juga tebtu merupakan kabar baik yang akan dapat respon positif dari petani di Sleman terutama milenial,” ujar Bupati Sleman Kustini.

Lebih lanjut, dia mengatakan sejauh ini generasi petani milenal terus didorong untuk tumbuh melalui berbagai kelompok yang dikukuhkan di tiap UPTD wilayah. Selain itu mereka juga diberi bantuan bibit, pupuk, sarpras pertanian juga diberikan sebagai modal agar dikembangkan menjadi lebih besar.

Menurut Kustini, bantuan skill dan hibah dalam sektor pertanian dapat memperbesar usaha petani di Kabupaten Sleman dan mensejahterskan. Hal ini mengingat angka kemiskinan bisa ditekan salah satunya dengan upaya dengan meningkatkan kualitas petani.

“Belum lama ini di Sleman kita adakan lomba menanam cabai yang diikuti 32 kelompok wanita tani (KWT). Dari lomba ini salah satunya kita dorong tumhuhnya kualitas petaninya. Dengan meningkatkan kualitas tentu akan selaras dengan peningkatan ekonomi terutama untuk petani,” terang Kustini.

Sementara, Kepala Pusat Pendidikan dan Program YESS Idha Widi Arsanti menuturkan hingga tahun 2022 program YESS yang diinisiasi Kementerian Pertanian RI bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) sudah berjalan di empat provinsi. Misi mereka ialah menciptakan wirausahawan muda di bidang pertanian, serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

Kini mereka mengadakan perluasan dimana, Yogyakarta terutama Kabupaten Sleman termasuk di dalamnya. Idha optimis perkembangan pertanian di Sleman melalui program ini.

“Kami sangat optimis dengan Sleman apalagi lahan pertanian di Sleman sangat luas. Kami berharap banyak anak-anak muda yang tertarik sebagai upaya regenerasi petani-petani kita,” tambah Idha. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments