Home Ekonomi Kabinet DPC Merapi Diharapkan Bisa Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

Kabinet DPC Merapi Diharapkan Bisa Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

242
0
Ketua Umum DPC HIPPI Sleman Atik Sri Purwantiningsih (kiri). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM –Kabinet Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Kabupaten Sleman dengan komposisi praktisi, akademisi serta profesi diharapkan bisa menggerakkan bisnis anggota (ekonomi kerakyatan) dalam mewujudkan kedaulatan ekonomi Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah (DPD) HIPPI DIY Dr Sarbini M.Phil dalam sambutan pada acara pelantikan Pengurus DPC HIPPI Kabupaten Sleman di Hotel Cakra Kusuma Jalan Kaliurang Sleman, Rabu (28/10/2020).

Hadir pada acara ini antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya SE MSi yang mewakili Bupati Sleman Sri Purnomo, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Slleman Drs Pustopo, Ketua Umum DPC HIPPI Kota Yogyakarta Agus Susanto SE MBA dan Ketua DPC HIPPI Bantul Heri Triyono.

Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo dalam sambutan yang dibacakan Sekda Kabupaten Sleman Harda Kiswaya mengharapkan HIPPI Sleman mampu membangun kerjasama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lain agar semua peluang dan potensi yang dimiliki Sleman dapat dioptimalkan untuk mendongkrak pembangunan perekonomian daerah.

Menurut Mbah Ben-panggilan akrab Dr Sarbini M.Phil, DPC HIPPI Kabupaten Sleman yang disebut juga sebagai HIPPI Merapi, menjadi basis pergerakan bisnis UMKM. “Sumber daya alam Merapi menjadi nilai (pendorong) dan menginspirasi gerakan ekonomi HIPPI Merapi. Sehinga semangat Merapi menjadikan Sleman kaya,” kata Ketua Predisidium ADF (Asosiasi Doktor Filsafat) UGM ini.

Mbah Ben yang juga Dosen di STIPRAM ini mengatakan di masa pandemi Covid-19 fenomena bisnis harus disikapi dengan nurani/kecerdasan. Meski.menjadi tantangan, tetapi memiliki muatan peluang yang sangat strategis untuk pemberdayaan UMKM dan Kopindo Raya (Koperasi Pengusaha Pribumi Indonesia Raya).

Atik Sri Purwantiningsih yang ditetapkan sebagai Ketua Umum DPC HIPPI Sleman periode 2020-2025, mengatakan, DPC HIPPI Sleman akan memberikan literasi keuangan terutama kepada UMKM agar ada standarisasi keuangan. Sehingga UMKM bisa bertumbuh dari kecil menjadi menengah dan semoga besar. 

Disamping itu, menurut konsultan Akuntan ini, HIPPI Sleman diharapkan bisa membantu UMKM dalam pemasaran produk seluas-luasnya, baik di dalam negeri maupun ekspor serta memberikan penguatan kapasitas manajerial dan keuangan pada anggota.

Adapun program HIPPI Sleman jangka pendek adalah sosialisasi tentang program kerja HIPPI Sleman dengan komunitas yang lain, audiensi dengan  inas terkait di lingkup Pemkab Sleman untuk menjajaki kerjasama. Sementara program jangka menengah adalah penguatan kapasitas anggota dan program jangka panjang mempunyai warung oleh-oleh offline untuk membantu pemasaran produk UMKM anggota .

Saat ini jumlah UMKM di Sleman ada sekitar 27 ribu. Pimpinan Kantor Jasa Akuntan Atik dan Pemilik Usaha Salfin ini menargetkan selama masa kepimpinannya sekitar 1.000 UMKM bisa menjadi anggota HIPPI Sleman.  

Pelantikan pengurus DPC HIPPI Sleman mengambil tema Sinergi DPC HIPPI Sleman Menuju Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan. “Kata sinergi menurut saya mempunyai arti luas yaitu bisa sinergi dengan sesama pengusaha, sinergi dengan pihak lain menuju proses pertumbuhan ekonomi kerakyatan,” kata Atik dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com.

Sementara itu, dengan terbentuknya kepengurusan DPC HIPPI Sleman yang disebut juga HIPPI Merapi, diharapkan dapat  menjalankan program kerja yang mendukung kesuksesan anggota HIPPI dalam mengelola bisnisnya.

Sampai saat ini jumlah anggota HIPPI Sleman yang tercatat baru sekitar 225 orang. Dalam kepengurusan DPC HIPPI Sleman 2020-2025 ditargetkan anggotanya berjumlah sekitar 1.000 orang. “Karena menurut saya yang penting kualitas, bukan kuantitas,” ungkap pemilik kantor jasa akuntan “Atik” .

Susunan Pengurus DPC HIPPI Kabupaten Sleman terdiri dari Penasehat Edy Santoso S.Sn, Ketua Umum Atik Sri Purwantiningsih, Sekretaris Umum Maria Veronica Margareth Harianti SE, Wakil Sekretaris Aulia Mahmud S.Psi, Bendahara Umum Ir Mad Sahudi, Wakil Bendahara Denita Aulia Sari SE.

Kemudian, Ketua I Bidang Organisasi Rekrutmen dan Kelembagan Bisnis Winarto Hadi, Ketua II Bidang UMKM Ekonomi Kreatif dan Pariwisata: Pradiyanto Datu Jatmiko SE, Ketua III Bidang Properti dan Pengembang Budi Suryono A.Md, Ketua IV Bidang Kemitraan Promosi Tetra Budiarto SH MM, Ketua V Bidang Pendidikan dan Pelatihan Rezki Wulan Ramadhanty SE MSc, Ketua VI Bidang Hukum dan Advokasi Nurul Hajati Ismanoe SH dan Ketua VII Bidang Informasi dan Komunikasi Krisamyono Mukti. (lip)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here