Home Pendidikan KaKwarcab Kota Yogyakarta Melantik Mabisaka dan Pinsaka Bhayangkara Tingkat Cabang Kota Yogyakarta

KaKwarcab Kota Yogyakarta Melantik Mabisaka dan Pinsaka Bhayangkara Tingkat Cabang Kota Yogyakarta

132
0
Mabisaka, pimpinan saka, pamong dan instruktur masa bakti 2021-2026 dalam prosesi pelantikan oleh Kak Heroe selaku Ka Kwarcab Kota Yogyakarta. Foto: kiriman Agung BP

BERNASNEWS.COM – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta Kak Drs Heroe Poerwadi MA melantik dan menyampaikan selamat kepada Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) dan Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Bhayangkara tingkat Cabang Kota Yogyakarta Pada Selasa, 28 Desember 2021 di Aula Lantai 3 Polresta Yogyakarta.

Pada kesempatan itu, Kak Heroe Poerwadi berpesan agar Mabisaka dan Pinsaka bisa mengemban amanah dengan ikhlas. Menurutnya, Saka Bhayangkara mempunyai kekhususan kegiatan keamanan dan ketertiban di masyarakat serta sebagai pelopor dalam kegiatan tertib berlalu lintas.

“Saka Bhayangkara bisa eksis di masyarakat dan Saka Bhayangkara bisa menjadi saka pilihan di Kota Yogyakarta,” ujar Kak Heroe.

Kak Agung BP MT disematkan tanda jabtan sebagai Pamong Saka Putra Saka Bhayangkara Kota Yogyakarta oleh Kak Heroe selaku Ka Kwarcab Kota Yogyakarta. Foto: kiriman Agung BP.

Mabisaka Bhayangkara tingkat Cabang Kota Yogyakarta masa bakti 2021-2026 ditetapkan melalui Surat Keputusan Kwarcab Kota Yogyakarta Nomor 39 tahun 2021. Sedangkan Pinsaka Bhayangkara tingkat Cabang Kota Yogyakarta masa bakti 2021-2026 ditetapkan melalui Surat Keputusan Kwarcab Kota Yogyakarta nomor 40 tahun 2021.

Tugas pokok dan fungsi Mabisaka yang diketuai oleh Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi W Anggoro SIK MH adalah memberikan bimbingan, dukungan, dan bantuan yang bersifat moril, material, finansial, dan konsultasi dalam rangka pembinaan Saka Bhayangkara.

Prosesi pelantikan. Foto: kiriman Agung BP

Sementara Pinsaka yang diketuai oleh Kasat Binmas Polresta Yogyakarta memiliki tugas dan kewajiban memberikan saran, pemikiran serta melaksanakan pembinaan dan pengembangan Saka agar selaras dengan visi dan misi Gerakan Pramuka dan memberikan bimbingan kepada semua jajaran Saka Bhayangkara di Kota Yogyakarta.

Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran kasat di Polresta Yogyakarta, Dinas PBK Yogyakarta, pamong, instruktur, serta paseduluran purna anggota Saka Bhayangkara Kota Yogyakarta. (Agung Budi Putranto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here