Home News Jurnalistik Persada UPY Mengadakan Kegiatan Kelas Menulis

Jurnalistik Persada UPY Mengadakan Kegiatan Kelas Menulis

508
0
Peserta kegiatan kelas menulis UKM Jurnalistik Persada UPY foto bersama dengan pemateri dan panitia. (Foto: Kiriman Rizki)

BERNASNEWS.COM — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Persada Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) mengadakan kegiatan kelas menulis, Kamis (5/12/2019), di Ruang Multimedia Gedung A Lantai 3 Kampus 1 UPY, Sonosewu, Bantul, DIY. Kegiatan kelas menulis bertema “Teruslah Berjalan Kaki, Tulislah Hal-hal yang Ditemui” dibuka oleh Presiden Mahasisw UPY Abubakar Kuma, dengan menghadirkan pemateri tunggal seorang editor media online Lintang Filia.

Presiden Mahasiswa UPY Abubakar Kuma membuka kegiata kelas menulis di UKM Jurnalistik Persada UPY. (Foto: Kiriman Rizki)

“Program ini bertujuan untuk melatih para anggota baru serta pengurus media UKM Jurnalistik Persada dalam meningkatkan kualitas, dari proses menulis sebuah artikel dan konteks lainnya di ranah kepenulisan,” jelas Sekretaris Umum Rizki.

Karena dalam proses belajar menulis, menurut Rizki bisa mengasah para anggota untuk lebih percaya diri pada pemikirannya mereka sendiri. Dalam kegiatan ini pemateri memaparkan langkah awal menulis fiksi. Langkah pertama ketika ingin menulis ialah menentukan ide dan konsep (what if), kemudian membuat premis cerita, dengan menentukan lima elemen cerita yang harus ada. Yaitu, mencakup karakter, tujuan, risiko, rintangan dan resolusi.

Ketua kegiatan menulis UKM Jurnalis Persada UPY Rio Lumantau (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Pameteri Lintang Filia. (Foto: Kiriman Riki)

“Setelah langkah tersebut terpenuhi selanjutnya membuat blurb dan sinopsis. Dan yang terakhir membuat outline atau kerangka cerita,” ungkapnya.

Selanjutnya, Rizki menambahkan, usai pemateri memaparkan langkah-langkah tersebut, peserta kegiatan kelas menulis langsung diminta untuk membuat sebuah karya tulis fiksi berdasarkan langkah yang telah dijelaskan oleh pameteri. (nun/ ted)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here