Home News Jogja Kembali Padat dan Macet, Didominasi Bus-bus Pariwisata

Jogja Kembali Padat dan Macet, Didominasi Bus-bus Pariwisata

86
0
Bus-bus pariwisata memadati pusat oleh-oleh Bandara Jaya Jalan Laksda Adisutjipto Sambilegi, Maguwoharjo, Depok,Sleman, Minggu 12 Desember 2021 malam. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Suasana Jogja belakangan ini, terutama pada akhir pekan kembali normal. Normal dalam arti kembali dipadati kendaraan bermotor, terutama bus-bus pariwisata, khususnya pada akhir pekan, Sabtu-Minggu. Jalan-jalan utama dipadati kendaraan bermotor, terutama mobil dan bus pariwisata.

Jalan pun tersendat bahkan macet. Dari pengamatan Bernasnews.com sejak dari Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) hingga Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada Minggu 12 Desember 2021 malam, kendaraan bermotor terutama mobil memadati Jalan Wates hingga jalur pantai selatan mulai dari Daendels Temon Kulon Progo.

Padatnya kendaraan, terutama mobil yang melintas, membuat jalan tersendat bahkan macet. Perjalanan dari YIA ke Laksda Adisutjipto sekitar 2 jam. “Kapan kita sampai rumah yah kok jalannya padat dan macet,” kata Lidya, pengendara mobil yang bersama keluarga melihat pemandangan indah YIA pada Minggu sore hingga malam.

Bus-bus pariwisata memadati pusat oleh-oleh Bandara Jaya Jalan Laksda Adisutjipto Sambilegi, Maguwoharjo, Depok,Sleman, Minggu 12 Desember 2021 malam. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Sepanjang jalan jalur selatan padat. Di sepanjang Jalan Parangtritis didominasi bus-bus pariwisata. Sejumlah bus pariwisata pun terlihat berhenti di Pasar Seni Gabusan Bantul. Para penumpang yang merupakan wisatawan turun dan menyebar di sejumlah warung dan pusat oleh-oleh sekadar melihat-lihat dan berbelanja.

“Puji Tuhan kondisi sudah mulai normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Semoga keadaan terus membaik dan pandemi cepat berlalu,” kata Ratnawati, seorang pengunjung YIA.

Sementara di sepanjang ringroad sejak dari persimpangan Jalan Parangtritis Sewon hingga Jalan Laksda Adisutjipto juga tampak padat dan macet. Ringroad yang biasanya lancar dan sedikit lengang kali ini sangat padat. Antrean kendaraan saat lampu pengatur lalu lintas menyala merah pun sangat panjang, terutama di perempatan Terminal Giwangan, perempatan Jalan Wonosari, perempatan Blok O hingga pertigaan ringroad Maguwoharjo.

Jalan Laksda Adisutjipto Sambilegi, Maguwoharjo, Depok,Sleman, tampak padat dan macet, Minggu 12 Desember 2021 malam. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Bahkan di pusat oleh-oleh Bandara Jaya di Jalan Laksda Adisutjipto Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman dipadati puluhan bus pariwisata. Tidak memadati areal parkir, bus-bus pariwisata tersebut memadati sisi utara Jalan Laksda Adisutjipto hingga Galeri Saptohudojo.

“Ini seperti terminal yah. Apa Terminal Giwangan pindah ke sini,” celetuk Ratnawati mengomentari padatnya bus pariwisata di halaman parkir pusat oleh-oleh Bandara Jaya hingga badan Jalan Laksda Adisutjipto pada Minggu 12 Desember 2021 malam.

“Tadi siang bonbin (kebun binatang Gembiraloka, red) padat banget mas. Kebetulan saya lewat timur bonbin. Untung naik motor, klu pake mobil dijamin bisa berjam-jam di sana. Penuh tenan,” kata Sarwanto Suwarso, warga Jogja, kepada Bernasnews.com. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here