Home Pariwisata Jogja Bay Waterpark Padukan Budaya Tionghoa dan Jawa di Imlek 2020

Jogja Bay Waterpark Padukan Budaya Tionghoa dan Jawa di Imlek 2020

228
0
Pertunjukan liong untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2020 di Jogja Bay Waterpark, Sabtu (25/1/2020). (Foto: Ayu)

BERNASNEWS.COM – Barongsai dan liong (naga) menjadi 2 hal yang khas saat Tahun Baru Imlek 2020 tiba. Namun, bagaimana jika pertunjukan barongsai dan liong ini dipadukan dengan kuda lumping? Hal ini dilakukan oleh salah satu destinasi wisata, Jogja Bay Waterpark.

“Tahun lalu (2019) barongsai vs reog. Tahun ini kita pilih barongsai vs kuda lumping,” ujar Medha Zeli Elsita, Marketing Communication Jogja Bay Waterpark, Sabtu (25/1/2020).

Rupanya, menjadi agenda rutin bagi Jogja Bay Waterpark untuk ikut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek. Namun, mereka memeriahkannya dengan memadukan 2 kebudayaan yang ada di Indonesia, budaya Tionghoa dan Jawa.

Pertunjukan barongsai dan kuda lumping untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2020 di Jogja Bay Waterpark, Sabtu (25/1/2020). (Foto: Ayu)

Barongsai dan liong, jelas menjadi perwakilan dari budaya Tionghoa. Sedangkan kuda lumping, menjadi perwakilan dari budaya Jawa. Hal ini bertujuan agar masyarakat paham bahwa Indonesia terdiri dari berbagai budaya.

“Momentum imlek menurut kami itu adalah momentum yang tepat untuk mengenalkan pengunjung pada budaya yang ada di Indoneisa. Nggak cuma Budaya Tionghoa saja tapi kita juga punya budaya-budaya yang lain seperti budaya Jawa,” terang Medha Zeli Elsita, Marketing Communication Jogja Bay Waterpark, Sabtu (25/1/2020).

Pementasan Imlek kali ini akan berikan kejutan koreografi flashmob “Beksan Wanara” yang akan diikuti oleh karyawan dan pengunjung Jogja Bay Waterpark. Tidak hanya itu, “Lucky Dip” berupa free ticket juga diberikan untuk setiap pengunjung yang melakukan reservasi tiket untuk tanggal 25 Januari 2020 melalui website Jogja Bay Water Park.

Salah seorang pengunjung, Indah (18), mengaku senang bisa menonton barongsai serta kuda lumping di satu panggung. Ia pun mengaku salut dengan para penampil lantaran tetap menunjukkan kebolehannya walaupun hujan deras.

Penari kuda lumping yang tetap tampil walaupun hujan deras di Jogja Bay Waterpark, Sabtu (25/1/2020). (Foto: Ayu)

“Awalnya nggak tahu kalau ada barongsai. Tadi pas main di sini (Jogja Bay Waterpark) baru lihat ada kostum barongsai. Keren banget, ini hujan deres, tapi mbak-mbak (penari) kuda lumping tetap tampil,” katanya senang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here