Home Pendidikan Jika Ingin Siswa Sukses, Maka Didiklah Batin Mereka

Jika Ingin Siswa Sukses, Maka Didiklah Batin Mereka

410
0
KH Abdul Basith Rustami S.Th.I saat memberikan tausiah dalam Pengajian Orangtua/wali siswa MTsN 6 Kulon Progo, Minggu (24/11/2019). Foto : Drs Sutanto

BERNASNEWS.COM – Bila ingin siswa-siswi sukses maka didiklah batin mereka. Karena keberhasilan anak didik bukan hanya ditentukan oleh pendidikan lahiriah tetapi yang lebih utama adalah pendidikan batiniah.

Hal tersebut disampaikan KH Abdul Basith Rustami S.Th.I saat memberikan tausiah di hadapan orangtua/wali kelas 8 dan 9 dalam acara Pengajian Minggu Pon MTsN 6 Kulon Progo di Mushala Al Huda Klampok Brosot, Galur, Kulon Progo, Minggu (24/11/2019).

Menurut Abdul Basith, Rasulullah SAW bersabda, “Anak itu buahnya hati.” Hadist itu ada yang menafsirkan bahwa proses pembuahan sangat menentukan karakter anak tersebut. Banyak anak yang tak memiliki sopan santun dan sulit dididik, kemungkinan karena ketika proses pembuahan tak diiringi dengan doa.

Para orangtua/wali siswa dengan serius menyimak tausiah,, Minggu (26/11/2019). Foto : Drs Sutanto

Penulis buku Guruku Kyaiku tersebut mengatakan, bila orangtua/guru ingin didengar dan nasihatnya dipatuhi maka hendaknya memberikan teladan bukan hanya memerintah. “Dalam mendidik masyarakat, Rasulullah SAW memberikan teladan dengan akhlakul karimah,” ungkapnya.

Alumni Pondok Pesantren Nurul Ummah Kota Gede ini mengingatkan beberapa hal. Pertama, kitab suci Alqur`an jangan hanya dibaca namun harus diamalkan. Kedua, mati adalah nyata maka hendaknya kita menyiapkan bekal kematian. Ketiga, bla kita ingin masuk surga, maka hendaknya mau mendekati jalan menuju surga.

Kemudian keempat, jangan suka mengungkap aib orang dan lupa dengan kekurangan diri sendiri. Kelima, nikmat yang telah diberikan Allah SWT hendaknya selalu disyukuri. Dan keenam, saat takziah mengantar  saudara ke kuburan kita mesti mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut. “Alam kubur akan terang benderang dan terasa luas dengan amalan membaca Qur`an, bersedekah dan berbuat baik,” kata Basith.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo Imam Syamroni,S.Pd saat memberikan sambutan, Minggu (24/11/2019). Foto : Drs Sutanto

Kepala Madrasah Imam Syamroni S.Pd mengucapkan terimakasih atas kehadiran orangtua/wali dalam pengajian tersebut. Pada kesempatan itu juga dibagikan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal. Bila hasilnya belum bagus maka harus berupaya melakukan perbaikan, sedangkan kalau sudah bagus maka perlu ditingkatkan agar semakin baik.

Imam juga mengingatkan bahwa Penilaian Akhir Semester (PAS) akan dimulai Sabtu (30/11/2019). “Kami mohon dukungan orangtua/wali agar memotovasi putra putrinya belajar ebih tekun agar dapat memperoleh hasil maksimal,” kata Imam. (Drs. Sutanto, Guru MTsN 6 Kulon Progo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here