Home News Jembatan Gantung Baledu Temanggung Permudah Akses Warga

Jembatan Gantung Baledu Temanggung Permudah Akses Warga

67
0
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama anggota Komisi V DPR RI Sudjadi meninjau Jembatan Gantung Baledu di Desa Baledu, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Senin (13/12/2021). Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama anggota Komisi V DPR RI Sudjadi meninjau Jembatan Gantung Baledu di Desa Baledu, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Senin (13/12/2021).

Jembatan Baledu sepanjang 120 meter itu menghubungkan Dusun Kahuripan, Kecamatan Kedu dengan Dusun Pacitran, Kecamatan Kandangan. Jembatan yang mulai dibangun pada tahun 2019 itu telah mulai digunakan sejak Februari 2020.

Pada kesempatan itu, Menteri Basuki berpesan agar kualitas jembatan dijaga terutama terkait keamanan bagi para pengguna jembatan. “Tolong cek terus kualitas dan keamanannya. Sebab keberadaan jembatan sangat penting untuk mempermudah akses dan memperpendek jarak tempuh masyarakat,” kata Menteri Basuki dikutip Bernasnews.com di akun Instagram @kemenpupr yang diunggah pada Senin malam.

https://www.instagram.com/kemenpupr/

Menurut Menteri PUPR, pembangunan jembatan tersebut untuk mempermudah akses warga masyarakat perdesaan, terutama dalam beraktivitas menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antarwarga.

Kementerian PUPR bangun 66 jembatan gantung padatahun 2021. Foto: [email protected]

Dikatakan, Kementerian PUPR membangun 66 jembatan gantung yang tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia. Beberapa kriteria pemilihan lokasi didasarkan pada jembatan digunakan oleh pelajar sekolah dan ekonomi antardesa, jembatan pejalan kaki dalam kondisi kritis atau bahkan runtuh, kondisi jalan akses memungkinkan untuk memobilisasi rangka jembatan, menghubungkan minimal dua desa dan akses memutar apabila tidak ada jembatan cukup jauh atau minimal 5 km atau 30 menit dengan bersepeda dari lokasi usulan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here