Home News Jaringan Katolik Melawan Covid-19 Salurkan Bantuan

Jaringan Katolik Melawan Covid-19 Salurkan Bantuan

387
0
Jaringan Katolik Melawan Covid-19 (JKMC) menerima bantuan dari Kantor Staf Presiden (KSP). Bantuan disampaikan oleh Kepala Staf Presiden Jendral TNI (Purn) Moeldoko yang diterima oleh Rm. Siswantoko, Pr selaku sekretaris Komisi Kerawan KWI dan Muliawan Margadana, Koordinator Umum JKMC. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM – Kasus COVID-19 yang terus meningkat di Indonesia menjadi keprihatinan tersendiri bagi semua pihak. Bantuan terus mengalir untuk para tenaga medis yang berada di garda terdepan melawan COVID-19.

Secara berturut-turut, Jaringan Katolik Melawan COVID-19 (JKMC) menerima bantuan dari Kantor Staf Presiden (KSP). Bantuan disampaikan oleh Kepala Staf Presiden Jendral TNI (Purn) Moeldoko yang diterima oleh Rm. Siswantoko, Pr selaku sekretaris Komisi Kerawan KWI dan Muliawan Margadana, Koordinator Umum JKMC.

“JKMC adalah adalah wujud komitmen gereja dan umatnya mengatasi pandemik COVID-19. Dan saatnya juga kita kembali ke nilai-nilai gotong-royong, solidaritas, belarasa, dan saling tolong menolong sampai pandemik ini berakhir,” ujar Djumhari Latief, perwakilan Badan Amal Kasih Katolik (BAKKAT) KAJ, dalam keterangan pers, Sabtu (18/4/2020).

Bukan hanya sebatas menyalurkan bantuan, pihaknya juga membuka kesempatan bagi mereka yang ingin ambil bagian dalam penanganan COVID-19. Selain itu, pemberian bantuan makanan, sembako, dan masker kepada masyarakat yang rentan terdampak di berbagai kota juga dilakukan.

“Komunikasi di JKMC sangat baik. PUKAT sendiri saat ini fokus pada pengadaan dan distribusi APD, walaupun ada PUKAT di beberapa keuskupan juga memberikan bantuan ke kelompok masyarakat rentan. Kita berharap data di JMKC selalu yang terupdate sehingga bantuan tepat sasaran,” kata Marcus Linggo Ketua PUKAT Jakarta.

Ke depan, pihaknya akan menyalurkan relawan medis maupun non-medis yang sudah direkrut ke rumah sakit  yang membutuhkan di berbagai kota di Indonesia. Para donatur melalui BAKKAT KAJ, PEMIKAT KAJ, PUKAT, dan PERDHAKI sebagai bagian dari JKMC juga telah mendistribusikan berbagai kebutuhan kepada lebih dari 80 Rumah Sakit ke seluruh wilayah Indonesia.

“Dari awal ketika ada arahan dari KSP, kami sudah mengarahkan rumah sakit – rumah sakit yang tergabung dalam PERDHAKI untuk mempersiapkan ruang isolasi dan ICU,” ujar Felix Gunawan, perwakilan PERDHAKI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here