Home News Jamaah Masjid Al Maruf Perum Jatimas Sembelih Hewan Kurban 12 Lembu dan...

Jamaah Masjid Al Maruf Perum Jatimas Sembelih Hewan Kurban 12 Lembu dan 7 Kambing

124
0
Jamaah Masjid Al Maruf, Perum Jatimas, Balecatur, Gamping, Sleman, melaksanakan penyembelihan hewan kurban dalam rangkaian Idul Adha 1441 Hijriyah, Jumat (31/7/2020). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Usai melaksanakan salat Idul Adha 1441 H, jamaah Masjid Al Maruf, Perum Jatimas, Balecatur, Gamping, Sleman menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban lembu dan kambing, Jumat (31/7/2020). Hewan kurban yang terkumpul dari warga setempat dan jamaah berjumlah sebanyak 12 ekor lembu dan 7 ekor kambing.

Bagian peotongan hewan kurban lembu dilakukan oleh penyembelih (jagal) profesional dilaksanakan di halaman Masjid Al Maruf, Perum Jatimas, Balecatur, Gamping, Sleman, Jumat (31/7/2020). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

Khusus hewan kurban lembu, 6 ekor disembelih di sekitar halaman Masjid Al Maruf, 6 ekor lembu lainnya disembelih di luar Jatimas atau disumbangkan, antara lain ke Gunungkidul; Desa Banyusoca, Playen, Kabupaten Bantul; Perum GKP Pajangan, Kabupaten Sleman; Masjid Sunan Kalijogo, Pereng Dawe dan Mushola Baitus Sakinah Jithengan  Balecatur, Kabupaten Kulon Progo;  Kedokan Sidoharjo Kapanewon Samigaluh dan Kalibawang Kulonprogo.

Bagian penyembelihan dan proses pengulitan kambing kurban, di Masjid Al Maruf, Perum Jatimas, Balecatur, Gamping, Sleman. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Sunaryo selaku Ketua Panitia di sela-sela kegiatan kepada Bernasnews.com, menjelaskan, bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini sesuai anjuran pemerintah dengan protokoler yang berlaku. “Untuk mengurangi kerumunan masa maka jumlah panitiapun dikurangi banyak dan dalam penyembelihan hewan kurban melibatkan jagal profesional sebanyak 6 orang guna mempercepat pelaksanaan penyembelihan,” ungkap Sunaryo.

Bagian pencincangan daging hewan kurban melaksanakan protokol dengan jaga jarak, pakai masker, penutup kepala dan celemek. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Panitia berharap Idul Adha kali ini adalah event untuk berbagi sesame, terutama yang terdampak Covid-19 yang sebagian masyarakat terkena dampaknya secara ekonomi. “Berharap semoga kesadaran warga Jatimas untuk tolong menolong dan bahu membahu dapat meningkat dengan diadakannya penyembelihan hewan kurban di lingkungan Jatimas,” imbuh Sunaryo.

Seksi bagian pendataan dan distribusi daging kurban. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Sementara Ketua Takmir Masjid Al Maruf, Silahudin Jamil menyampaikan bahwa kurban kali ini berbeda, baik suasananya maupun peningkatan kesadaran masyarakat. Hal ini tampak dengan bertambahnya jumlah hewan kurban yang disembelih dibandingkan pada tahun sebelumnya.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak atas kesadaran, kerelaan dan keikhlasannya untuk berkurban dan berbagi pada sesame,” kata Udin, panggilan akrab Silahudin Jamil.

Ibu jamaah Masjid Al Maruf, Perum Jatimas, Balecatur, Gamping, Sleman Sie Konsumsi menyediakan nasi dos, pisang dan minuman mineral kemasan boto, (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Dari hasil penyembelihan hewan kurban tersebut, kepala, kaki dan jerohan disumbangkan ke beberapa tempat. Sementara dagingnya sekitar lebih kurang menjadi 900 bungkus dibagikan kepada warga Jatimas, Balecatur, Gamping, Sleman dan sekitarnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here