Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanISTEK MY Dapat SK Pendirian dari Mendikbud Ristek

ISTEK MY Dapat SK Pendirian dari Mendikbud Ristek

bernasnews.com – Institut Sains Teknologi dan Kesehatan Mulia Yogyakarta (ISTEK MY) yang bernaung di bawah Yayasan Mulia Yogyakarta di Kabupaten Bantul Bantul secara resmi berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 63/E/O/2022 pada 15 Februari 2022.

Dengan berdirinya ISTEK MY, maka jumlah perguruan tinggi di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta menjadi 102 perguruan tinggi. Dan Institut Sains Teknologi dan Kesehatan Mulia Yogyakarta merupakan institut ke-8 di DIY dengan kode perguruan tinggi 052008.

Penyerahan SK pendirian ISTEK MYi dihadiri langsung oleh Prof Aris Junaidi, Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta beserta jajarannya, Ketua Yayasan Mulia Yogyakarta, Ketua Pembina Yayasan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul serta sejumlah akademisi di lingkungan ISTEK MY dan AKBID MMY. SK Menristekdikti RI diserahkan secara langsung oleh Prof Aris Junaidi kepada Ketua Yayasan Mulia Yogyakarta Dr H Mujidin MSi di Kampus AKBID MMY dan ISTEK MY, di Jalan Wates Km9,5 Yogyakarta, Jumat (11/3/2022).

“Alhamdulillah kita telah menerima SK pendirian ISTEK MY dengan tiga Program Studi Sarjana yakni Informatika, Administrasi Kesehatan, Perpustakaan dan Sains Informasi. Peluang tiga prodi ini masih cukup lebar sehingga mudah-mudahan kita bisa mengembangkannya lebih optimal,” kata ketua Yayasan Mulia Yogyakarta Dr Mujidin MSi.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Prof drh Aris Junaidi Ph.D menyerhkan SK Pendidikan dari Mendikbud Ristek untuk ISTEK MY kepada Ketua Yayasan Mulia Yogyakarta Dr H Mujidin MSi di Kampus AKBID MMY dan ISTEK MY, di Jalan Wates Km9,5 Yogyakarta, Jumat (11/3/2022). Foto: Istimewa

Yang lebih penting, menurut Mujidin, Yayasan Mulia Yogyakarta juga telah mengembangkan perguruan tinggi yang memiliki nilai tambah selain penguasaan akademik,yaitu model boarding (asrama). Hal ini ditujukan untuk membina mahasiswa yang cerdas dan memiliki nilai sikap, perilaku serta karakter yang baik.

Dr Mujidin MSi juga mengatakan bahwa sebelum ISTEK MY didirikan, telah diselenggarakan Akademi Kebidanan Mulia Madani Yogyakarta atau Akbid MMY yang dikelola sejak 2018 hingga sekarang dan mahasiswa sudah berkembang cukup bagus. “Karena awalnya kmi mengelola akademi kebidanan sudah cukup sukses, maka insya allah kmi akan mengembangkan dan alhamdulillah diberi respon positif dari pemerintah, maka kita sekarang ada ISTEK MY,” katanya.

Ketua Yayasan Mulia Yogyakarta juga berharap beberapa tahun yang akan datang akan dimerger sesuai dengan saran LLDikti. Merger dilkukan untuk menyatukan dua perguruan tinggi yaitu Akademi Kebidanan Mulia Madani Yogyakarta dan Institut Sains Teknologi dan Kesehatan agar menjadi satu universitas.

Kepala LLDikti Wilayah V Prof Aris Junaidi menjelaskan bahwa mendapatkan ijin Mendikbutristek itu artinya bahwa ISTEK MY sudah bisa menyelenggarakan pendidikan seperti dalam SK tersebut, yakni ada tiga prodi Sarjana yaitu Informatika, Perpustakaan dan Sains Informasi, dan dministrasi Kesehatan.

Menurut Prof Aris Junaidi, walaupun nanti program sarjana itu belum memenuhi syarat, itu artinya sudah harus mengajukan akreditasi. Selama dua tahun tersebut akan dinilai bagaimana proses pembelajaran dari mulai input, dan proses outputnya. Meskipun outputnya belum ada, kemudian dilihat apakah dalam dua tahun sudah melaksanakan untuk mencapai proses peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Menurutnya, hal ini juga akan dilihat sehingga akan mendapat peringkat akreditasi.

Prof Aris Junaidi menegaskan bahwa para lulusan harus mencapai learning program yang sudah dijanjikan oleh institusi. Lulusan yang dihasilkan juga harus sesuai dengan kebutuhan yang ada. Sehingga tidak menjadi pengangguran tetapi memang ada permintaan sehingga link and match itu terjadi. Peran LLDikti Wilayah V yaitu agar pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan regulasi atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ia pun menyampaikan di akhir semester harus melaporkan ke Menristekdikti RI melalui LLDikti Wilayah V.

“Semoga ISTEK MY ini ke depan menjadi perguruan tinggi yang mencetak sumber daya manusia yang unggul, dan cepat maju. Selain itu bisa mendapatkan peringkat akreditasi yang unggul. Sebab untuk mencetak SDM khususnya yang berdaya saing memang harus akreditasi unggul atau terbaik,” tuturnya.

Prof drh Aris Junaidi Ph.D mengatakan bahwa Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V siap memfasilitasi dalam hal peningkatan kualitas yang berkelanjutan. (nuning)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments