INKINDO DIY Kawal PP Nomor 5 dan 6 Tahun 2021 Agar Berjalan Efektif

    1462
    0
    Syawalan dan Sosialisasi PP No 5 dan 6 oleh Ikatan Nasioanl Konsultan Indonesia (INKINDO) DIY, Senin (7/6/2021). (Foto: dok. INKINDO DIY)

    BERNASNEWS.COM – Di tahun 2021, pemerintah merilis Peraturan Pemerintah Nomor 5 tentang Perizinan Usaha Berbasis Resiko dan Peraturan Pemerintah Nomor 6 tentang Penyelenggaraan Perizinan Usaha di Daerah. Dua peraturan ini rupanya masih belum dipahami oleh masyarakat.

    Melihat hal itu, Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) DIY, memberikan sosialisasi pada para anggotanya. Harapannya, PP terbaru ini bisa memberikan pencerahan pada para pengusaha, terutama di Yogyakarta.

    “Dari sisi kelancaran (perizinan usaha), DIY saya kira menjadi contoh daerah lain terkait izin usaha yang relatif lancar,” kata Sekretaris Wakil Ketua Umum Bidang Kemitraan & Kerjasama DPP INKINDO DIY sekaligus Ketua Panitia Syawalan INKINDO DIY Tahun 2021, Muhammad Ali Yusuf Rasyid, Senin (7/6/2021).

    Pihaknya memastikan bahwa INKINDO DIY akan mengawal peraturan ini sehingga bisa berjalan dengan efektif dan tak merugikan pihak manapun. Sehingga, para pengusaha tidak perlu khawatir dengan peraturan ini.

    Lebih lanjut, peraturan baru ini memang memerlukan waktu untuk pemahamannya. Baik dari pemerintah maupun dari para pengusaha sendiri. Pihaknya berharap PP nomor 5 dan 6 bisa mempermudah semua pihak untuk membuka peluang usaha.

    “Hal ini perlu kami (pengurus) kawal karena pengusaha adalah pejuang bangsa, sehingga perlu pentingnya berkolaborasi antar anggota direktur perusahaan, maupun antar asosiasi perusahaan serta asosiasi profesi untuk duduk bareng menyamakan persepsi agar tercipta sinergi antar pihak menyikapi peraturan terbaru ini. Hal ini tentulah penting agar arah pembangunan negeri di segala bidang dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

    Ketua Umum DPP INKINDO DIY Ir. Dwiaryo Dyatmiko dan Sekretaris Wakil Ketua Umum Bidang Kemitraan & Kerjasama DPP INKINDO DIY sekaligus Ketua Panitia Syawalan INKINDO DIY Tahun 2021, Muhammad Ali Yusuf Rasyid, Senin (7/6/2021). (Foto: dok. INKINDO DIY)

    Sebagai informasi, Peraturan Pemerintah Nomor 5 dan 6 tahun 2021 ini dirilis untuk mendukung UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Hal ini menjadi penting karena perlu ada penyesuaian dari berbagai aspek termasuk kemudahan hingga perlindungan para pengusaha.

    Penerapan pendekatan berbasis resiko memerlukan perubahan pola pikir dan penyesuaian tata kerja penyelenggaraan layanan izin perusahaan. PP ini dibuat untuk menyederhanakan penerbitan perizinan usaha di Indonesia.

    Tak hanya sosialisasi PP No 5 dan 6 Tahun 2021 saja, INKINDO DIY juga menggelar syawalan untuk mempererat hubungan antar anggota.

    “Semangat syawalan atau halal bilhalal ini penting sebagai alat untuk mempersolid hubungan antar anggota, anggota dengan pengurus, maupun antar internal pengurus dalam menjalankan roda organisasi dengan baik,” ujar Ketua Umum DPP INKINDO DIY Ir. Dwiaryo Dyatmiko.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here