Home News Inilah Kampung Anggur di Bantul yang Lagi Viral

Inilah Kampung Anggur di Bantul yang Lagi Viral

7383
0
Kampung Anggur, Dusun Plubungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, DIY. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Siapa yang tidak suka dengan buah Anggur? Meski harganya masih relatif mahal, namun keberadaan buah ini semakin mudah dijumpai baik di lapak-lapak toko buah pinggiran jalan maupun di supermarket. Tentunya buah Anggur itu adalah buah impor yang kesegarannya sering diragukan dan jauh berbeda dengan hasil memetik langsung di pohonnya.

RT 04 Plumbungan, Muhammad Hisyam mempunyai lima pohon Anggur jenis Ninel yang ditanam di halaman rumahnya. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sebagaimana yang telah menjadi viral di media sosial (medsos) akhir-akhir ini, bahwa kini di Kabupaten Bantul, DIY, tepatnya di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul terdapat Kampung Anggur. Disebut Kampung Anggur karena hampir tiap halaman rumah warga ditanami pohon Anggur.

Muhammad Hisyam sedang menjelaskan pada seorang pengunjung cara menanam Anggur dengan sistim trelis atau bentuk vertikal. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Sebenarnya menanam pohon Anggur berawal dari kegiatan ibu-ibu mulai tanam pada tahun 2018. Hanya tiga rumah di sini dan rumah Om Rio yang mengajarinya. Lantas pada tahun 2019 baru berbuah dan dikenal menjadi Kampung Anggur pada tahun 2020 ini. Ketika diviralkan pertama kali beberapa waktu lalu sebenarnya kami belum siap, termasuk papan rambu petunjuk,” jelas Ketua RT 04 Plumbungan, Muhammad Hisyam, kepada Bernasnews.com saat berkunjung, Minggu (19/1/2020).

Para-para pohon Anggur milik seorang warga RT 04 Plumbungan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Hisyam yang kesehariannya sebagai guru SD ini, menambahkan, pertama yang menjadi viral di medsos adalah tanaman milik warga RT 04 Plumbungan karena yang pertama kali menanam pohon Anggur, kemudian diikuti oleh empat RT lainnya yang ikut menanam. Kini hampir setiap rumah warga RT 01 – RT 05 Plumbungan, Sumbermulyo menanam pohon Anggur. “Rata-rata yang ditanam Anggur jenis Ninel, tetapi juga ada jenis Julian, Anggelica, dan Evres,” ungkapnya.

Salah satu rombongan pengunjung dari Sleman dan Kota Yogyakarta yang datang ke Kampung Anggur, Minggu (19/11/2020).

Menurut Hisyam, harga Anggur di kampung tersebut sebesar Rp 100.000 per kilogram. Para pengunjung bisa mencicipi dulu dan memetik langsung dari pohonnya. Selain buah, pengunjung juga dapat membeli bibit pohon Anggur yang dibandrol Rp 125.000 – Rp 200.000 tergantung jenis Anggur, serta besar kecilnya pohon bibit.

“Sebagai tujuan wisata Kampung Anggur, kami juga menerima paket wisata edukasi untuk rombongan yang ingin belajar menanam dan mengelola pohon Anggur. Dari membuat bibit, menanam pohon Anggur hingga pengolahan lebih lanjut dari pohon Anggur. Karena daun yang muda pun dapat sebagai olahan makanan, seperti kripik daun, buntil, dan sayur asem,” ujar Hisyam.

Bibit Anggur yang dijual oleh warga Kampung Anggur. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Kampung Anggur Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul ini selain telah menjadi wisata agro edukatif, ternyata juga menorehkan sebuah prestasi dan sejarah baru dalam bidang hortikultura, yaitu berhasil membuat varian baru pohon Anggur yang diberi nama Anggur Satria Taman Sari I. Varian baru ini telah bersertifikat dan dipatenkan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here