Home News Inilah 3 Kegiatan Presiden Jokowi Selama Kunker di Jogja

Inilah 3 Kegiatan Presiden Jokowi Selama Kunker di Jogja

140
0
Presiden Jokowi ngobrol santai bersama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan HB X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mencoba naik KRL Jurusan Jogja - Solo, Senin (1/3/2021). Foto: Rerpro setkab.go.id.

BERNASNEWS.COM — Menutup rangkaian kunjungan kerja di Jogja, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian kereta commuter Kereta Rel Listrik (KRL) Lintas Yogyakarta-Solo, Senin (01/03/2021), di Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikutip dari laman setkab.go.id, Presidn Jokowi berharap dengan beroperasinya KRL ini dapat menunjang mobilitas orang maupun barang, sehingga dapat meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat.

Sebelum peresmian, Presiden Jokowi terlebih dahulu melakukan peninjauan dan mendapatkan penjelasan mengenai operasi teknis KRL dari Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Didiek Hartantyo. Presiden juga terlihat mencoba simulasi memasuki peron stasiun dengan menggunakan tiket elektronik, yang nantinya akan dipakai oleh penumpang KRL saat menggunakan layanan transportasi tersebut.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kita resmikan dan kita operasikan KRL Yogyakarta-Solo yang telah siap. Kita harapkan ini bisa membantu, baik mobilisasi orang maupun barang dari Yogya ke Solo, Solo ke Yogya, dan juga bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kita,” tutur Presiden.

Menurut Presiden, bahwa moda transportasi KRL merupakan transportasi massal yang ramah lingkungan. Presiden pun meminta agar transportasi di masa mendatang menggunakan moda transportasi yang ramah lingkungan.

“Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan. Juga kendaraan-kendaraan semuanya ke depan harus ramah lingkungan, yaitu listrik,” ucap Jokowi.

Mendampingi Presiden dalam agenda tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Turut hadir juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan HB X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokwi) berkesempatan takziah mendiang Artidjo Alkostar dan ikut menyalatkan jenazah almarhum, di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. (Foto: Repro: setkab.go.id)

Sebelum memulai rangkaian kegiatan peresmian KRL Jogja-Solo, Presiden terlebih dahulu hadir  bertakziah ke tempat disemayamkannya jenazah mendiang Artidjo Alkostar dan ikut menyalatkan jenazah almarhum, di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Presiden Jokowi kemudian mengunjungi Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta. Di lokasi tersebut, Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi para pedagang pasar dan para pekerja lain yang dalam kesehariannya biasa beraktivitas di dalam pasar tersebut.

Kemudian presiden bersama rombongan menuju Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang jaraknya tak begitu jauh dari lokasi Pasar Beringharjo. Presiden Jokwi juga berkesempatan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal serupa dengan yang dilakukan di lokasi pertama. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here