Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsIni Makna Penyatuan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di Titik Nol...

Ini Makna Penyatuan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di Titik Nol IKN Nusantara

bernasnews.com – Pada Senin 14 Maret 2022, 34gubernur atau yang mewakili menyerahkan tanah dan air dari daerah masing-masing ke Titik Nol IKN Nusantara. Tanah dan air tersebut disatukan ke dalam sebuah gentong atau kendi besar yang disebut Kendi Nusantara.

Lantas, apa makna penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia tersebut ke dalam satu kendi yang diberi nama Kendi Nusantara tersebut di Titik Nol IKN Nusantara?

Menurut Presiden Joko Widodo, penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia tersebut bermakna sebuah bentuk kebinekaan yang dimiliki Indonesia serta sebagai lambang persatuan erat seluruh bangsa Indonesia.

“Ini merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara. Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud,” kata Presiden Jokowi dikutip bernasnews.com dari laman resmi Kementerian Kominfo.

Menurut Presiden Jokowi, penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi yang dibawa oleh para gubernur/wakil gubernur menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dalam rangka mewujudkan cita-cita besar, yakni pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dikatakan, simbolisasi penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia tersebut merupakan sebuah bentuk kebinekaan yang dimiliki Indonesia dan merupakan lambang persatuan erat seluruh bangsa Indonesia. “Pada hari ini Senin 14 Maret 2022 kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan segera kit mulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara,” ujar Presiden di Kawasan Titik Nol IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/03/2022).

Pada acara itu hadir seluruh gubernur atau yang mewakili dari 34 provinsi dan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur. Seluruh gubernur membawa tanah dan air dari daerah masing-masing untuk kemudian diserahkan kepada Kepala Negara. Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh gubernur, lembaga-lembaga tinggi negara, MPR RI, DPR RI, DPD RI, Mahkamah Agung, Mahkamah Konsitusi, Badan Pemeriksa Keuangan, Komisi Yudisial dan seluruh komponen masyarakat dalam mendukung dimulainya pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, sekitar pukul 09.37 WITA. Saat tiba, Presiden dan Ibu Iriana disambut dengan prosesi adat tepung tawar dari Sultan Kutai Kartanegara.

Tarian Kanjar Ganjur sebagai tarian selamat datang kemudian ditampilkan oleh penari Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara. Presiden dan Ibu Iriana kemudian menuruni tangga menuju tugu geodesi titik nol kilometer IKN. Lagu kebangsaan Indonesia Raya langsung berkumandang begitu Presiden dan Ibu Iriana tiba di lokasi tugu titik nol kilometer. Setelah itu, simbolisasi penyatuan tanah dan air Nusantara dilakukan.

Para gubernur atau yang mewakili dari 34 provinsi kemudian menyerahkan tanah dan air yang telah dibawa dari masing-masing daerah kepada Presiden. Selanjutnya, Kepala Negara menyatukannya di dalam sebuah wadah berwarna emas, bejana Nusantara. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments