Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsIni Isi Kesepakatan Pemda DIY dan Warga Sitimulyo Terkait Persoalan Sampah

Ini Isi Kesepakatan Pemda DIY dan Warga Sitimulyo Terkait Persoalan Sampah

bernasnews.com – Penerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akhirnya melakukan audiensi dengan sejumlah warga Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Audiensi yang digelar pada Rabu (11/5/2022) memuat sejumlah kesepakatan terkait perosoalan pengelolaan sampah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY, Kuncoro Cahyo Aji menyebut bahwa, pihaknya dan instansi lain bakal bertemu rutin dengan masyarakat guna penyelesaian persoalan sampah di TPST Piyungan.

“Kemarin sudah ada kesepakatan sebelum kejadian (pemblokiran) kemarin antara pak dukuh dengan kami dan banyak stakeholder, termasuk kabupaten/kota, dusun dan perwakilan masyarakat untuk lalu kita ketemu secara rutin,” kata Kuncoro pada Selasa (10/5/2022) kemarin.

Harapannya forum tersebut melahirkan keputusan yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan sampah serta dampaknya terhadap masyarakat di Yogyakarta terutama bagi warga sekitar.

Adapun dalam audiensi yang digelar pada Rabu ini, ada 8 pokok kesepakatan yang tercapai. Kedelapan poin tersebut memuat sejumlah hal.

Pertama, lahan baru untuk KPBU dipastikan menggunakan teknologi pengolahan sampah yang ramah lingkungan. Poin selanjutnya BPPW Kemen PUPR melakukan optimalisasi instalasi pengeloalah air lindi yang direncanakan rampung pada akhir Juli 2022.

Selanjutnya optimalisasi saluran outlet lindi akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2023. Kemudian kajian terhadap kebutuhan seumber air bersih di Dusun Banyakan 3 mauoun Ngablak. Lalu zona transisi akan digunakan bila zona A dan B tidak mampu menampung sampah, zona transisi digunakan sampai awal tahun 2025 dan tidak ada lagi pembuangan di zona transisi.

Poin selanjutnya, pembebasan lahan untuk KPBU tidak menggunakan lahan permukiman. Selanjutnya, Pemda DIY akan berkoordinasi dengan Pemkab Bantul, Sleman dan Pemkot Yogyakarta untuk menertibkan armada sampah. Lalu yang terakhir, pembukaan akses jalan bagi armada sampah disaksikan oleh warga dan pemerintah setempat pada Kamis (12/5/2022).

Adapun kesepakatan tersebut diketahui sejumlah pihak baik dari Pemda DIY mauoun dari masyarakat.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments