Home Ekonomi Industri dan Perguruan Tinggi Berkolaborasi Menyiapkan SDM Unggul

Industri dan Perguruan Tinggi Berkolaborasi Menyiapkan SDM Unggul

250
0
Ir Winda Nur Cahyo ST MT PhD IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri, Program Magister, FTI UII, dalam jumpa pers secara virtual melalui meeting zoom, Minggu (20/12/2020). Foto : kiriman Jerri Irgo

BERNASNEWS.COM – Industri dan perguruan tinggi perlu berkolaborasi untuk menyiapkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Sebab, pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam menghadapi new normal yang mau tidak mau harus segera dilaksanakan.

Dan kesiapan SDM yang lebih fokus pada pro duktivitas dan efisiensi saat ini menjadi mutlak. Karena itu setiap lulusan perguruan tinggi harus memiliki karakter SDM yang unggul, yaitu karakter yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknolog karena terjadi perubahan tatanan di semua sektor.

Hal itu disampaikan Ir Winda Nur Cahyo ST MT PhD IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri, Program Magister, FTI UII, kepada wartawan terkait kuliah umum dengan tema Peran Industri dan Perguruan Tinggi
Kolaborasi Strategis Menyiapkan Kompetensi SDM Unggul
, Minggu (20/12/2020).

Menurut Winda Nur Cahyo, untuk mewujudkan hal itu, maka penguatan kolaborasi strategis industri dan perguruan tinggi perlu dilakukan untuk menyiapkan kompetensi sumber daya manusia unggul dan menjadi partner pengembangan industri yang strategis.

Adityanto Prayogo, Assisstant Vice President Organization & Culture Bio Farma Holding. Foto : kirima Jerri Irgo

Slaras dengan hal tersebut, Winda Nur Cahyo mengutip release dari Menteri BUMN Erick Thohir (13 April 2020) yang mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan program talent session untuk meningkatkan kemampuan SDM di perusahaan BUMN. Program ini akan menggabungkan pembelajaran formal dan pembelajaran langsung ke lapangan.

Menurut Winda, Menteri BUMN mengingatkan salah satu prioritas penting dalam kepemimpinannya, yaitu transformasi human capital sebagai kunci utama BUMN untuk terus maju, lebih kompetitif dan siap bersaing. Hal ini sejalan dengan fungsi BUMN sebagai pencipta lapangan kerja dan penyedia talenta-talenta terbaik untuk Indonesia.

Salah satu BUMN terbaik adalah PT Bio Farma (persero) yang merupakan pemimpin dalam industri vaksin di Indonesia. Dengan filosofi Dedicated to Improve Quality of Life, Bio Farma siap mendedikasikan kerja keras untuk keamanan kesehatan global (Global Health Security), melalui Biotech for a Better Future memberikan solusi untuk kemakmuran global.

“Sumber daya manusia (SDM) adalah faktor terpenting dan sangat menentukan bagi keberhasilan dan kesinambungan PT Bio Farma (perseo). Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri vaksin dan life science yang menerapkan teknologi modern dan mitra kerja global, Bio Farma membutuhkan SDM yang profesional dan memiliki kompetensi kelas dunia,” kata Adityanto Prayogo, Assisstant Vice President Organization & Culture Bio Farma Holding, yang juga tampil sebagai salah satu narasumber.

Sementara Dr Zaroni, Finance & Humas Capital Director, PT Pos Logistik Indonesia, mengatakan, dengan posisi sebagai anak perusahaan, didukung dengan pekerja dan tim profesional dalam merumuskan strategi dan positioning bisnis, PT Pos Logistik Indonesia membutuhkan SDM Unggul di Bidang Logistik dan E-Commerce.

Hal ini terkait dengan berbagai peluang dan tantangan Indonesia dalam menghadapi bonus demografi pada tahun 2020-2030 serta implikasinya terhadap kondisi di bidang logistik dan e-commerce di Indonesia.

Kuliah umum tersebut diikuti 40 Mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII dan para Dosen Jurusan Teknik Industri FTI UII dengan menghadirika 5 orang narasumber. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here