Ignasia Rini Purwati, S Pd: Profesi Guru Bukan Penghalang untuk Berwirausaha

    568
    0
    Ignasia Rini Purwati, S Pd, Guru Biologi SMA Marsudirini Muntilan, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

    BERNASNEWS.COM — Ignasia Rini Purwati, S.Pd, Guru Biologi SMA Marsudirini Muntilan yang kerap dipanggil Bu Rini ini merupakan sosok guru yang tidak mengenal lelah. Rini kelahiran Kota Magelang tanggal, 25 September 1972, mengenyam pendidikann di TK Tegal Sari, SD Banyu Biru Semarang, SMP Negri 1 Semarang, lantas pindah SMA Negri Ambarawa Semarang, dan menempuh pendidikan tinggi di IKIP Semarang (Universitas Negeri Semarang), Fakultas Pendidikan Biologi. Profesi yang disandang saat ini sebagai pendidik atau guru, dengan pengalaman mengajar  di SMP Masehi 3 Semarang, SMA Virgo Fidelis Bawen, dan SMA Marsudirini Muntilan, Jawa Tengah.

    Rini membuka usaha hantaran dan buket bunga yang diberi nama “Libra”. Bunga yang dirangkai adalah hasil tangan beliau dengan bahan dasar kain hingga menjadi karya yang menarik. Dalam berwirausaha Rini kerap mendapatkan pesanan berbagai rangkaain hantaran pernikahan dengan hiasan bunga, serta buket yang banyak diminati para pemuda. Usahanya kini berkembang cukup pesat.

    Selain berwirausaha dalam bidang kerajinan dan seni, Rini juga menjabat sebagai Direktur Bank Sampah di desanya Wonolelo, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Ia memaparkan beberapa kegiatan dalam pengolahan bank sampah antara lain, mulai dari memilah sampah, proses pengemasan sampah, hingga penjualan. Hasil penjualan masuk ke rekening anggota yang mengikuti kegiatan bank sampah tersebut. Sehingga tak jarang kegiatan Rini terlihat sangatlah sibuk.

    “Profesi bukan penghalang untuk melakukan segalanya, selagi kita niat pasti bisa,” pesan Rini. Ia mengajak kita khususnya para pemuda jangan malas malasan melakukan yang terbaik. “Jika mampu lakukanlah, jangan berhenti mencoba. Segala sesuatu ada ketika mampu mencoba dan beranilah membuka lapangan pekerjaan,” tegasnya. (Dewi  Nurmalasari, Siswa kelas XII-IPS/ SMA Marsudirini Muntilan, Jawa Tengah)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here