Home News ICONISH Angkat Isu Islam dan Tantangan Global

ICONISH Angkat Isu Islam dan Tantangan Global

102
0
Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII Dr H Fuad Nashori MSi M.Ag, Psycholog. Foto: Dok FPSB UII

BERNASNEWS.COM – Untuk pertama kali, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII menggelar konferensi internasional atau International Conferences on Islamic Social Sciences and Humanities (ICONISH) pada 9-10 Desember 2021. Konferensi yang digelar secara virtual melalui zoom itu mengangkat tema Islam and Global Challenge.

Menurut Dr H Fuad Nashori MSi M.Ag, Psycholog, Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII, konferensi ini bertujuan untuk menghubungkan antara akademisi, peneliti dan praktisi di seluruh dunia dalam meningkatkan pemahaman mengenai ilmu sosial dan agama, terutama dalam perspektif Islam.

“Selama ini agama dan ilmu sering diposisikan terpisah dan saling bertentangan. Hal ini yng menjadi gagasan utama penyelenggaraan 1st ICONISH untuk kembali menggairahkan semangat integrasi antara agama dan ilmu demi menggapai kesejahteraan masyarakat,” kata Fuad Nashori dalam siaran pers yang diterima Bernasnews.com pada Kamis 9 Desember 2021.

Menurut Fuad Nashori, ada 67 makalah yang berasal dari 6 negara yaitu Indonesia, Thailand, India, Brunei, Maroko dan Nigeria yang dipaparkan dalam konferensi kali ini. Makalah tersebut dipilih melalui proses seleksi yang dilakukan panitia ICONISH. Cakupan tema konferensi ini bisa dilihat dari berbagai perspektif yaitu psikologi, sosio-ekonomu, hubungan internasional, pendidikan, komunikasi, hukum internasional, cultural studies, studi keamanan dan konteks ilmiah lainnya.

Untuk plenary session 1 yang diselenggarakan pada hari pertama dengan tajuk Conceptual and Theoretical Framework menghadirkan Prof Ang Peng Hwa Ph.D dari Nanyang Technological University, Singapore, Dr Nur Arifah Drajati M.Pd dari Universitas Sebelas Maret dan Dr Emi Zulaifah MSc dari Universitas Islam Indonesia.

Sementara pada plenary session 2 yang diselenggarakan pada hari kedua akan menghadirkan Dr Norafidah Ismail dari Universiti Utara Malaysia, Dr Mustafa Izzuddin dari National University of Singapore, Muhammad Zulfikar Rakhmat PhD dari Universitas Islam Indonesia dan Prof Dr Alev Erkilet dari Ibn Haldun University, Istanbul, Turkey*.

Sedangkan untuk special plenary session menghadirkan Prof Jasser Auda President of Maqasid Institute Global dengan topik Islamic Law and the Higher Purposes of Maqasid of the Sharia in Social Sciences and Humanities. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here