Ibu Sudjiatmi Notomiharjo, Ibu Kaum Tergusur

    106
    0
    Almarhumah Ibu Sudjiatmi Notomiharjo. Foto : Istimewa

    BERNASNEWS.COM – Kepergian Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, ibunda tercinta dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk selama-lamanya, Rabu (25/3/2020) sore, meninggalkan kesan dan sejumlah kenangan indah. Betapa tidak, Ibu Sudjiatmi yang sangat lembut dalam tutur kata, tekun berusaha dan amat teguh dalam kepribadian, sangat baik dan dekat dengan siapa pun.

    Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, yang melahirkan empat anak, pada awalnya hidup serba kekurangan. Bersama Wijiatno Notomiharjo, sang suami, mereka menghuni rumah kontrakan/ sewa di tepi-bantaran Sungai Anyar, Solo, Jawa Tengah.

    Sebagaimana kelaziman wong cilik, keluarga Notomihardjo-Sudjiatmo bersama anak-anak termasuk si sulung, Joko Widodo, kerap menjadi korban penggusuran. Mereka tiga kali hidup berpindah karena korban pengusiran Satpol PP.

    Di bantaran Kali Anyar itulah, orangtua Joko Widodo-yang kelak populer dengan panggilan Jokowi, panggilan yang diberikan oleh seorang pebisnis furnitur asal Perancis, memulai usaha penggergajian kayu.

    Presiden Joko Widodo saat melayat ibunda tercinta di Solo, Rabu (25/3/2020). Foto : Istimewa

    Kenangan pahit korban gusuran semasa kecil, menjadi memori tak terhapuskan dari ingatan Jokowi. Bahkan ingatan itu ia jadikan sebagai semangat dalam kepemimpinan dan pelayanan untuk rakyat kecil yang antimenggusur setelah 40 tahun kemudian, menjadi Wali Kota Solo/ Surakarta.

    Kisah ini masih saya ingat langsung dari penuturan Ibu Sudjiatmi dan Pak Jokowi, dalam perjumpaan beberapa kali pada waktu singkat kurang lebih 5 hari di Solo, 17-21 Agustus 2012, kemudian pada acara peluncuran buku rangkuman sejarah yang dihadiri Ibu Sudjiatmi di TB Gramedia Matraman, Jakarta, 14 September 2012.

    “Keramahan, lemah-lembut, tekun berusaha dan taqwa dalam doa (rajin salat tahajut-doa malam) dan teguh dalam prinsip, semoga dapat kuteladani,” tulis Achmad Suroso, mantan Pemred Tribun Kaltim, dalam akun facebooknya, Rabu (25/3/2020) malam. (Sumber : Achmad Suroso yang mengutip Domu D Ambarita, Wakil GM Tribun Network)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here