Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeHukum Ngupil Saat Puasa, Bikin Batal atau Tidak?

Hukum Ngupil Saat Puasa, Bikin Batal atau Tidak?

bernasnews.com – Bagaimana hukum ngupil saat puasa dalam Islam? Apakah kegiatan tersebut bisa membuat batal puasa atau tidak?

Di bulan Ramadhan, puasa menjadi kewajiban bagi semua umat Muslim. Ada sejumlah larangan yakni memasukkan apapun ke rongga tubuh seperti mulut dan lainnya.

Tentu saja timbul berbagai pertanyaan bagaimana hukun ngupil saat puasa? Apakah diperbolehkan? Simak pembahasan berikut ini.

Mengupil sendiri merupakan tindakan memasukan jari ke lubang hidung untuk membersihkan kotoran di dalamnya.

Buya Yahya dilansir dari kanal Youtube miliknya dengan judul Hukum Ngupil Saat Puasa memberikan penjelasan terkait hal yang banyak ditanyakan tersebut.

Dia mengatakan bahwa ada 9 hal yang membatalkan puasa yakni memasukkan sesuatu ke lubang seperti mulut, hidung, telinga dan lainnya.

“Lubang hidung yang dimaksudkan adalah lubang atas yang jika seandainya kita masukkan air atau apapun, kita akan merasakan nyegrak, panas, sehingga sampai keluar air matanya,” ungkap Buya Yahya.

Menurutnya jika jadi atau benda dimasukkan hingga ke lubang hidung atas itulah yang membatalkan puasa.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa membersihkan kptorang hidung selama itu bukan memasukkan jari ke lubang hidung atas maka tidak membatalkan puasa.

“Adapun memasukkan ke lubang hidung untuk membersihkan kotoran itu tidak masuk di atas. Maka membersihkan kotoran hidung itu tidak membatalkan puasa,” paparnya.

Itulah penjelasan hukum ngupil saat puasa yang perlu diketahui. Wajib bagi umat Muslim untuk mempelajari sesuatu dengan lengkap sehingga tidak salah kaprah saat mempraktekkannya. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments