Home News Hujan Abu Vulkanik Gunung Merapi Tersebar di 40 Desa di Magelang

Hujan Abu Vulkanik Gunung Merapi Tersebar di 40 Desa di Magelang

377
0
Awan panas Gunung Merapi. Foto : Dok PVMBG

BERNASNEWS.COM – Hujan abu vulkanik erupsi Gunung Merapi pada Minggu (21/6/2020) mulai pagi sampai engan pukul 10.40 WIB tersebar di 40 desa dari 8 kecamatan di Kabupaten Magelang. Dan meski Gunung Merapi kembali mengalami erupsi, namun masyarakat diminta untuk tetap tenang.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik. Selalu ikuti informasi dari sumber yang terpercaya. Informasi aktivitas Gunung Merapi dapat diakses melalui radio komunikasi, telepon, media sosial BPPTKG dan aplikasi MAGMA Indonesia,” kata Edi Susanto, Kepala Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang ketikan dihubungi Bernasnews.com, Minggu (21/6/2020) siang.

Dikatakan, desa-desa yang mengalami sebaran hujan abu vulkanik erupsi Gunung Merapi, Minggu (21/6/2020) adalah Desa Kaliurang, Desa Kemiren, Desa Srumbung, Desa Banyuadem, Desa Kalibening,Desa Ngargosoko, Desa Kradenan, semuanya di Kecamatan Srumbung. “Hujan abu di desa-desa tersebut cukup deras,” kata Edi Susanto.

Kemudian hujan abu ringan di Desa Ngargomulyo, Desa Keningar, Desa Sumber, Desa Sengi, Desa Banyudono, semuanya di Kecamatan Dukun. Selain itu, hujan abu ringan di Desa Wonolelo dan Desa Krogowanan, keduanya di Kecamatan Sawangan

Kemudian di Kecamatan Salam, hujan abu ringantersebar di Desa Gulon, Desa Seloboro, Desa Tirto, Desa Sucen, Desa Kadiluwih, Desa Tersan Gede dan Desa Pucungrejo. Hujan abu ringan juga terjadi di Desa Gunungpring, Desa Sedayu, Desa Adikarto,Desa Tamanagung dan Kelurahan Muntilan, semuanya di Kec Muntilan.

Kemudian di Kecamatan Ngluwar, hujan abu ringan tersebar di Desa Plosogede, Desa Blongkeng, Desaa Jamus Kauman, dan Desa Ngluwar. Di Kecamatan Mungkid, hujan abu ringan tersebar di Kelurahan Mungkid dan Desaa Pabelan.

Sementara di Kecamatan Borobudur, hujan abu ringan terjadi di di Desa Sambeng, Desa Kenalan, Desa Wanurejo, Desa Ngargogondo, Desa Tuksongo, Desa Wringinputih dan Desa Bumiharjo. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here