Home News Hujan Abu Gunung Merapi Terjadi di Wilayah KRB Baratdaya Merapi

Hujan Abu Gunung Merapi Terjadi di Wilayah KRB Baratdaya Merapi

148
0
Gunung Merapi pada Minggu (15/8/2021). Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Guguran awan panas Gunung Merapi pada Sabtu, 28 Agustus 2021 pukul 16.20 WIB, tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 234 detik. Saat terjadi guguran awan panas cuaca berkabut, sementara jarak luncur awan panas diperkirakan sejauh 3 kilometer atau 3.000 meter ke arah baratdaya.

Berdasarkan informasi dari masyarakat yang dikutip Bernasnews.com dari Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, Sabtu 28 Agustus 2021, hujan abu terjadi akibat awanpanas guguran Merapi. Dari laporan yang tercatat oleh Pusdalops BPBD, hujan abu terjadi di beberapa wilayah KRB Merapi dan sekitarnya.

Di Kecamatan Srumbung, Magelang menyebar di Desa Kradenan, Desa Srumbung, Desa Kaliurang, Desa Kemiren, Desa Banyuadem, Desa Jerukagung dan Desa Ngablak.

Seorang perempuan tua melangkah pelan menggendong rumput pan ternak keluar dari KRW III Gunung Merapi di Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Sabtu (25/4/2020) pagi. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Kemudian di Kecamatan Salam hujan abu terjadi di Desa Sucen dan Desa Kadiluwih. Sementara di Kecamatan Ngluwar hujan abu terjadi di Desa Jamuskauman, Desa Somokaton, Desa Plosogede, Desa Bligo dan Desa Ngluwar.

Menurut Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, kegiatan dan upaya yang dilakukan adalah melakukan pemantauan wilayah terdampak melalui perangkat CCTV Merapi dan Radio komunikas, melakukan koordinasi dengan BPPTKG, TRC Kecamatan, Pemdes setempat dan masyarakat serta menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here