Home News Hujan Abu Gunung Merapi Menyebar ke Magelang dan Boyolali

Hujan Abu Gunung Merapi Menyebar ke Magelang dan Boyolali

138
0
Gunung Merapi pada Minggu (15/8/2021). Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Gunung Merapi kembali menyemburkan awan panas pada hari Senin, 16 Agustus 2021 sejak pagi hari. Pada pukul 05.36 WIB, Gunung Merapi menyemburkan awana panas dan tercatat di seismogram dengan amplitudo 49 mm dan durasi 165 detik dengan jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya.

Sementara pada pukul 05.53 WIB, awanapanas guguran Gunung Merapi tercatat di seismogram dengan amplitudo 49 mm dan durasi 165 detik dengan jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya. Sedangkan pada pukul 05.53 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 66 mm, durasi 289 detik dan tinggi kolom 600 meter dari puncak. Kali ini, jarak luncur lebih jauh mencapai 3.500 meter ke arah barat daya.

Dikutip Bernasnews.com dari BPPTKG dan berbagai sumber lainnya, berdasarkan informasi dari masyarakat, telah terjadi hujan abu akibat awanpanas guguran Merapi. Dari laporan yang tercatat oleh Pusdalops BPBD, hujan abu terjadi di beberapa wilayah KRB Merapi dan sekitarnya, antara lain di Kecamatan Dukun terjadi hujan abu sedang dan tebal. Hal ini terjdi di Desa Krinjing, Desa Paten, Desa Sengidan Desa Banyudono.

Kemudian di Kecamatan Sawangan terjdi hujan abu sedang hingga tebal di Desa Kapuhan, Desa Mangunsari, Desa Soronalan dan Desa Ketep. Sementara di Kecamatan Tegalrejo terjadi hujan abu sedang di Desa Tegalrejo, Desa Kebonagung dan Desa Ngadirejo.

Sementara kegiatan dan upaya yang dilakukan adalah pemantauan wilayah terdampak melalui perangkat CCTV Merapi dan radio komunikasi, koordinasi dengan BPPTKG, TRC Kecamatan, Pemdes setempat dan masyarakat serta himbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here