Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeHubungan Lintas Agama yang Baik Jadi Kunci Persatuan Masyarakat

Hubungan Lintas Agama yang Baik Jadi Kunci Persatuan Masyarakat

bernasnews – Indonesia menjadi negara yang memiliki ragam suku, budaya, dan agama. Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang kerap disebut Indonesia Mini. Pasalnya, banyak pendatang dari berbagai daerah yang datang ke Yogyakarta.

Keberagaman inilah yang membuat Indonesia unik. Bukan malah menjadi alasan terpecah belah, keberagaman ini seharusnya membuat masyarakat kian bersatu.

“Gereja Katolik adalah warga Indonesia yang dalam Pancasila punya tujuan, bisa dilihat di sila ke-5,” ujar Romo AR. Yudono Suwondo, Vikep Kevikepan Yogyakarta Barat, Minggu (5/6/2022).

Untuk mewujudkan persatuan di Indonesia tentu diperlukan sejumlah langkah konkrit. Salah satunya adalah kesetaraan dan kebersamaan menjadi masyarakat.

Selain itu, musyawarah untuk mufakat juga disinggung dalam Pancasila. Menurutnya, perlu ada persatuan untuk bisa menjalankan musyawarah dengan baik.

“Tanpa persatuan musyawarah tidak akan muncul. Untuk bisa bersatu orang harus memiliki pandangan yang sama. Nah kita punya keeajiban itu,” tegasnya.

Pertemuan HAK Yogyakarta Barat di Gereja Banteng, Minggu (5/6/2022). (Foto: Eva M)

“Maka saya titip pada hubungan antar agama untuk menampilkan gereja yg penuh dengan cinta kasih, semangat persatuan, belas kasih. Gereja adalah salah satu bagian dari bangsa Indonesia,” ujarnya.

Ignas Suryadi, Anggota komisi HAK (Hubungan Antaragama dan Kepercayaan) Kevikepan Jogja Barat, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan ada berbagai hal yang sudah dilakukan untuk mempererat jalinan silaturahmi antar umat beragama. Mulai dari menyelenggarakan acara bersama hingga saling mengunjungi saat Hari Raya.

“Yang terakhir ini acara srawung. Yang tua memfasilitasi perteuman srawung orang muda yang dilakukan oleh kaum muda muda,” ujar Suryadi.

“Menurut saya HAK ini bukan kewajiban, tapi kebutuhan,” lanjutnya.

Dalam pertemuan rutin yang dihadiri oleh perwakilan komisi HAK paroki-paroki di kevikepan Jogja Barat tersebut, para peserta juga saling berbagi pengalaman dan kondisi kehidupan bersama dengan umat beriman lain di daerahnya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments